Warga Pringsewu Bikin Minyak Goreng Dari Kelapa

Warga Pringsewu Bikin Minyak Goreng Dari Kelapa Foto. Anton bintangpost.com.

Pringsewu (BP) : Mengatasi langkanya minyak goreng yang terjadi saat ini, apa yang dilakukan oleh Ibu Teti, warga Pekon Gumukmas, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu, bisa menjadi solusi saat ini.

Dengan menggunakan bahan yang murah dan mudah didapatkan yakni buah kelapa, minyak goreng yang saat ini paling dicari-cari masyarakat ini dapat diproduksi dan dihasilkan.

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/6200/kecamatan-pringsewu-aktifkan-kembali-posko-covid-19

http://bintangpost.com/read/6173/relafid-distro-lokal-usung-tema-pringsewu

Menurut Ibu Teti, untuk proses pembuatan minyak goreng kelapa ini sebetulnya tidaklah sulit. Proses ini dimulai dari pemarutan kelapa, baik secara manual maupun dengan menggunakan mesin pemarut kelapa.

Dan selanjutnya, ampas dari kelapa ini kemudian diperas untuk diproses menjadi santan. Santan ini kemudian dimasak, dimana proses ini memerlukan waktu sekitar 2 jam.

Agar minyak berbau wangi, kata dia, dalam proses memasak dapat dicampur daun pandan atau daun salam, kemudian dimasak sambil diaduk secara terus-menerus sampai ampas tadi menjadi yang disebut blendo.

Dan hasilnya, minyak dari proses tersebut dapat diambil sebagai kebutuhan memasak rumah tangga. Sehingga kebutuhan minyak goreng untuk keperluan rumah tangga dapat terpenuhi, dan yang pasti rasanya juga lebih gurih dan nikmat. [Anton]



Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment