Polres Lambar Dan Gerakan Literasi Daerah Laksanakan Vaksinasi Covid-19.

Polres Lambar Dan Gerakan Literasi Daerah Laksanakan Vaksinasi Covid-19. Foto : herwanto/bintangpost.com.

LAMPUNG BARAT-BINTANGPOST : Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Dosis 1 dan 2 diselenggarakan Polres Lampung Barat bekerjasama dengan Gerakan Literasi Daerah (GLD), di Gedung Olah Raga (GOR) Aji Saka Kawasan Sekuting Terpadu Pekon Watas, Kecamatan Balik Bukit, Selasa (16/11/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus,  Kapolres Lampung Barat AKBP Hadi Saepul Rahman, S.Ik., Ketua GLD Lampung Barat Partinia Parosil Mabsus, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Barat dr. Widyatmoko Kurniawan dan Kepala Puskesmas Kecamatan Balik Bukit.

Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus mengatakan, kolaborasi antara Polres Lampung Barat dan GLD tersebut menyediakan vaksin Covid-19 dosis 1 dan 2 untuk masyarakat umum, juga merupakan bagian dari komitmen literasi daerah.

"Jadi literasi bukan hanya tentang baca dan tulis saja, lebih daripada itu literasi juga hadir ditengah kesulitan masyarakat termasuk ikut membantu menyediakan vaksinasi Covid-19 agar masyarakat bisa sehat, karena apabila sudah sehat tentu akan sejahtera, masyarakat jangan ragu apalagi takut melakukan vaksinasi kehalalan vaksin sudah terbukti sehingga tidak perlu diperdebatkan lagi. Halal nya vaksin bukan kata pak bupati, tapi MUI lah yang mengatakannya, disitu tempat berkumpulnya ulama yang lebih mengerti tentang halal dan haram, Bupati juga menggunakan vaksin yang sama seperti bapak ibu," terang parosil dalam sambutannya.

Berdasarkan peraturan Presiden, apabila masyarakat belum divaksin maka statusnya sebagai penerima bantuan dari pemerintah akan di hapus, termasuk pelayanan dan administrasi kependudukan akan ditunda pelayanannya jika masyarakat belum di vaksin.

Dikatakan, vaksinasi saat ini sudah menjadi syarat nomor satu dalam menjalankan aktivitas, dan jika semua sudah di vaksin diharapkan kabupaten Lampung Barat bisa bebas Covid-19 sehingga bisa menjalani kehidupan yang normal seperti sediakala.


Sementara itu Kapolres Lampung Barat AKBP Hadi Saiful Rahman menjelaskan pihaknya menyediakan dosis vaksin jenis Sinovac dan AstraZeneca untuk masyarakat umum. "Dosis 2 kita sediakan jenis sinovac sebanyak 689 dosis, sedangkan dosis 1 vaksin AstraZeneca sebanyak 400 dosis. Jika kurang nanti ditambah dari Puskesmas Liwa,"ujarnya.

Kapolres berpesan agar masyarakat yang hendak mengikuti vaksin untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19, dan budayakan antri untuk menghindari kerumunan. 

Di tempat yang sama, Ketua GLD Partinia Parosil Mabsus melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang mengikuti vaksin terkait dengan manfaat penggunaan aplikasi Peduli Lindungi. Peduli Lindungi merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah melakukan pelacakan digital guna menghentikan penyebaran virus Corona yang dapat langsung diinstal di playstor melalui handphone android.

Dikatakan, pengguna Peduli Lindungi akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau di kawasan zona merah, Pengguna juga akan mendapatkan peringatan jika di lokasi mereka berada terdapat orang yang terinfeksi Covid-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan.

"Selain itu dengan adanya informasi lokasi pengguna yang dibagikan saat bepergian memudahkan pemerintah mengawasi dan mendeteksi pergerakan orang-orang yang terpapar COVID-19 selama 14 hari ke belakang. Pemerintah jadi lebih mudah mengidentifikasi dan mendeteksi masyarakat melalui lacak data lokasi dan informasi secara digital, masyarakat yang sudah disuntik vaksin COVID-19 bisa mengunduh sertifikat vaksin lewat fitur yang ada di aplikasi ini," tutur dia.

Kemudian dalam aplikasi Peduli lindungi juga terdapat fitur yang bisa menunjukkan hasil tes VCR atau Swab antigen dari laboratorium yang terafiliasi dengan pemerintah, Aplikasi ini sangat berguna bagi petugas di bandara, pusat perbelanjaan atau di tempat lainnya untuk mengetahui apakah seseorang sudah menjalani program vaksinasi atau belum, hanya dengan menunjukkan atau lewat fitur pindai QR Code akan ditampilkan data vaksinasi.(Herwanto)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Lampung Barat.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment