Rutan Kota Agung Gelar Lomba Tahfidz dan Adzan bagi WBP

Rutan Kota Agung Gelar Lomba Tahfidz dan Adzan bagi WBP Foto. Zulkarnain bintangpost.com.

TANGGAMUS-BINTANGPOST : Dalam rangka  menanamkan rasa cinta terhadap Al Qur’an, serta memperingati Hati Dharma Karya Dika (HDKD) tahun 2021, dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H/2021, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kota Agung menggelar lomba Adzan dan Tahfidz Qur'an bagi seluruh warga binaan.

Kegiatan yang mengambil tema 'Tanamkan Generasi Cinta  Qur'an' ini', digelar di aula Rutan setempat, Selasa (19/10/2021).

Baca juga :

http://bintangpost.com/read/5302/menuju-wbk-dan-wbbm-lapas-kota-agung-ikuti-lokakarya-pembangunan-zi

http://bintangpost.com/read/5293/asah-ketrampilan-dan-ketangkasan-lapas-kota-agung-gelar-lomba-buka-tutup-kunci

Diketahui, kegiatan lomba tersebut diikuti puluhan warga binaan, dan dibuka langsung oleh Kepala Rutan Kota Agung, Ahmad Sobirin, didampingi Kasubsi Pelayanan Tahanan JM Prameswari dan Ka.KPR, Boynaldo. Serta dihadiri Ustad Umar Syarif Hidayatullah, selaku Petugas Bina Rohani Islam dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus sebagai Dewan Juri, bersama 2 orang Petugas Rutan Andi Firmanto dan Ronaldo Nazario.


Kepala Rutan Kota Agung Akhmad Sobirin Soleh menyampaikan, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka rangkaian peringatan Hari Darmakarya Dika yang jatuh pada 30 Oktober mendatang. Sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. 

"Dalam perlombaan ini bukan menang atau kalah yang dikedepankan. Melainkan sikap mengamalkan ilmu yang telah didapat selama mengikuti majelis taklim, serta mempererat tali silaturahmi antar warga binaan dan petugas," terangnya 

Karutan juga menerangkan, untuk lomba tahfidz ada 3 Aspek yang penilaian. Yaitu Tajwid, kelancaran hafalan, serta kemampuan sambung ayat. Sementara untuk lomba adzan ada 3 aspek, yakni Makhraj, irama, adab. 

"Melalui lomba ini, seluruh warga binaan semakin tertanam rasa cinta terhadap Al-qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari," tuturnya.


Sementara itu, Kasubsi Pelayanan Tahanan, Prameswari, yang juga selaku Ketua Panitia menambahkan, lomba ini diikuti oleh 24 warga binaan yang dipilih sebagai perwakilan terbaik dari masing-masing kamar hunian.

Seluruh peserta warga binaan ini, lanjut dia, adalah mereka yang selama ini telah aktif mengikuti program pembinaan keagamaan, melalui majelis taklim Attaubah di Rutan Kota Agung pada hari Senin sampai Jumat setiap minggunya. 

"Lomba ini juga sebagai tolak ukur keberhasilan pembinaan keagamaan, serta apresiasi bagi warga binaan yang telah aktif mengikuti pembinaan," terangnya.

Diketahui, dalam perlombaan tersebut diperoleh 2 pemenang lomba tahfidz. Yakni Widiyanto Bin Kamino, dari kamar B1 dengan nilai 270 sebagai Juara Pertama, dan Wisnu Bin Supri, dari Kamar B4 dengan nilai 265 sebagai juara kedua. Sementara untuk lomba Adzan, Juara Pertama diraih oleh Sumarjono Bin H. Satimin, dari kamar A3 dengan Nilai 285, dan Juara kedua diraih oleh Asep Hendra Saputra Jaya Bin Baudin dari Kamar B1 dengan nilai 275. [Zul]

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Tanggamus.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment