Rutan Kelas IIB Kotabumi Kembali Memberikan Hak Dasar Seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan.

Rutan Kelas IIB Kotabumi Kembali Memberikan Hak Dasar Seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan. Foto : humas.

KOTABUMI-BINTANGPOST : Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kotabumi berkomitmen memberikan pemenuhan kebutuhan dasar kepada seluruh  Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) secara rutin dan berkala yaitu perlengkapan mandi.

Kepala Rutan Kotabumi Mukhlisin Fardi menjelaskan, kegiatan pemenuhan Hak Dasar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yaitu kebutuhan kebersihan. 

"Kita lakukan secara rutin dan berkala setiap bulannya agar seluruh warga binaan pemasyarakatan yang ada di Rutan dapat terjaga kebersihan dan kesehatan dirinya.
Kami juga selalu menghimbau serta mengajak kepada seluruh Petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan agar dapat menjaga serta merawat kebersihan dan kesehatan diri,"ujarnya.

Dikatakan, selain membagikan perlengkapan alat mandi, pihaknya juga selalu memperhatikan ketersedian air yang cukup untuk seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan. 

"Kemudian kami memiliki Poliklinik dan petugasnya yang selalu siap siaga penuh selama 24 jam untuk melayani kebutuhan kesehatan Warga Binaan Pemasyarakatan walaupun dengan segala keterbatasan yang ada"tegasnya.

Ditempat yang berbeda,Sabar Anju Padang sebagai Kasubsi Pelayanan Tahanan menjelaskan, kegiatan membagikan perlengkapan  alat mandi merupakan perintah lansung Kepala Rutan Kotabumi. 

"Pemenuhan Hak dasar warga binaan pemasyarakatan (WBP) ini juga merupakan salah satu cara kami untuk mencegah penularan dan penyebaran Covid-19 serta mencegah, mengurangi dan memutus mata rantai penyakit kulit agar warga binaan tidak saling memakai alat mandi bersamaan”ungkapnya.

Adapun perlengkapan alat mandi yang dibagikan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP)  berupa sabun mandi, shampo, pasta gigi dan sikat gigi”tegasnya.

Didik Caroko sebagai Perawat Kesehatan Rutan Kotabumi menghimbau seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan agar dapat menjaga kesehatan dan kebersihan diri serta lingkungannya. "Setiap pagi dan sore kami dari pihak petugas kesehatan Rutan selalu melakukan pengecekan kebersihan kamar hunian dan kesehatan seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan agar mereka semua mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal"ungkapnya.

Beberapa warga binaan tampak sumringah ketika mendapatkan perlengkapan alat mandi. “Terimakasih Pak Karutan dan seluruh Pegawai Rutan, hal kecil seperti ini sangat membantu kami dalam menjalani hukuman”tutupnya.(*) 

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Lampung Utara.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment