Tingkatkan Sektor Pariwisata di Masa Pandemi, Pemkab Tanggamus Siapkan Langkah Strategis

Tingkatkan Sektor Pariwisata di Masa Pandemi, Pemkab Tanggamus Siapkan Langkah Strategis Bupati Tanggamus didampingi Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Tanggamus, saat dialog Memajukan Pariwisata Tanggamus. (Sis bintangpost.com).

TANGGAMUS-BINTANGPOST : Banyaknya lokasi wisata yang ada di Kabupaten Tanggamus, menjadi sektor unggulan yang dapat menambah income Pendapatan Asli Daerah (PAD) kabupaten tersebut.

Hal itu tentunya menjadi prioritas khusus bagi Pemerintah Kabupaten Tanggamus, yang saat ini sedang gencar menggali potensi dan meningkatkan sumber daya dalam pengelolaan di sektor pariwisata tersebut.

Seperti yang diungkapkan oleh Bupati Tanggamus Dewi Handajani, saat berdialog dengan para awak media tentang memajukan pariwisata Tanggamus, dalam acara kegiatan penyerahan dana hibah bagi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) kabupaten setempat, Rabu (23/6/2021).


Bupati Tanggamus mengungkapkan, di era pandemi Covid-19 sektor pariwisata harus beradaptasi dengan kebiasaan baru atau new normal. Seperti modifikasi cara kerja, implementasi yang minim sentuhan atau touchless. 

Selain itu, kata Bupati, langkah-langkah strategis dalam mempercepat pemulihannya. Seperti peningkatan kualitas tenaga kerja, digitalisasi marketing, serta pelatihan ritel, menjadi hal yang penting dalam pengembangan industri pariwisata saat ini di masa pandemi.

"Tak bisa dipungkiri, bahwa saat ini sektor  pariwisata menjadi yang paling terdampak dengan adanya Pandemi Covid-19. Karena memang situasinya yang membuat banyak masyarakat tidak mau berpergian, dan juga adanya larangan pemerintah tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)," ujar Bupati, didampingi Kepal Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tanggamus Retno Noviana Damayanti.


Oleh sebab itu, Bupati mengatakan, langkah strategis tersebut bisa menjadi upaya yang perlu dilakukan. Seperti Marketing Digital, yang harus bisa dimanfaatkan secara baik oleh setiap pelaku usaha pariwisata, agar sektor itu kembali bergeliat.

Serta, perlunya kordinasi dari pihak pemerintah dan para pelaku pariwisata dalam mempercepat atau mengakselerasi pemulihan sektor pariwisata.

"Untuk itu, saya mengajak seluruh pihak-pihak terkait, bersama-sama memajukan sektor pariwisata yang ada di Kabupaten Tanggamus di masa pandemi Covid-19 ini, dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Karena kalau bukan kita, siapa lagi. Kalau bukan sekarang kapan lagi," ucapnya.


Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tanggamus Retno Noviana Damayanti menambahkan, Kabupaten Tanggamus merupakan Kabupaten yang mempunyai potensi wisata yang cukup lengkap.

Mulai dari Wisata Bahari, lanjut dia, ada sebanyak 13 lokasi yang tersebar di beberapa kecamatan. Diantaranya Kecamatan Wonosobo, Kota Agung, Pematang Sawah, Kota Agung Barat, Cukuh Balak, Kelumbayan dan Limau.

Kemudian, wisata alam ada sebanyak 10 lokasi, yang juga tersebar dibeberapa Kecamatan, serta jenis obyek wisata lainnya. Seperti obyek wisata Alam Tirta, wisata alam buatan, maupun wisata budayanya. Dan semua itu layak dikembangkan.

Maka dari itu, Retno berharap, adanya koordinasi dan sinkronisasi strategi program serta kegiatan seluruh stakeholder, dalam rangka menghasilkan kebijakan yang bisa mempercepat akselerasi reaktivasi dan pemulihan sektor pariwisata.

"Tentunya hal itu membuat kami (Dinas Pariwisata, red) sangat berharap kerjasama dan dukungan para stakeholder dan OPD terkait. Agar secara bertahap semua destinasti wisata di Kabupaten Tanggamus bisa berkembang," Tuturnya. 

Diketahui, sebelumnya Bupati Tanggamus didampingi Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tanggamus, memberikan bantuan dana hibah kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) kabupaten setempat. 

Adapun Pokdarwis yang mendapatkan dana Hibah tersebut diantaranya, Pokdarwis Bukit Neba Kecamatan Gisting, Pokdarwis Exotic Gigi Hiu Kecamatan Kiluan, Pokdarwis Sailing Kecamatan sumberejo. Lalu Pokdarwis Batu Kebau dan Pokdarwis Way Lalaan Kecamatan Kota Agung Timur, serta Pokdarwis Tanjung Harapan Kecamatan Air Naningan. (Adv)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Tanggamus.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment