Sikapi Keluhan Masyarakat, PDAM Way Agung Siap Berbenah

Sikapi Keluhan Masyarakat, PDAM Way Agung Siap Berbenah Foto. Hardi bintangpost.com.

TANGGAMUS-BINTANGPOST : Air merupakan bagian penting bagi kehidupan masyarakat. Maka dari itu, penyediaan air bersih sangat dibutuhkan bagi kelangsungan hidup manusia dalam keperluan konsumsi sehari-hari. 

Tak heran, jika kurangnya pasokan air bersih banyak menimbulkan komplik di tengah-tengah masyarakat. Seperti yang dialami Warga Kecamatan Kota Agung, beramai-ramai menyambangi Kantor Cabang Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Agung, mempertanyakan saluran air PDAM sering mengalami kemacetan.

Menyikapi hal tersebut, Direktur Utama (Dirut) PDAM Way Agung Kabupaten Tanggamus, Jonson M.B Nohor mengatakan,  bahwa pihaknya sangat memaklumi adanya beberapa warga yang datang untuk menyampaikan keluhannya ke Kantor PDAM Cabang Kota Agung. Terkait sering tidak mengalirnya saluran air bagi para pelanggan pada beberapa bulan ini.

"Saya sangat memaklumi atas keluhan warga yang datang ke kantor PDAM. Karena memang pelanggan memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan kebutuhan air yang maksimal," ujar Jonson, saat ditemui dikantornya, Kamis (17/6/2021).

Dia menerangkan, ada beberapa faktor kendala yang membuat hal ini terjadi. Salah satunya sumber mata air yang dimiliki PDAM saat ini resapannya sudah mulai kecil, sehingga menimbulkan debit air menuru. Dan kendala ini terjadi bukan hanya di Kota Agung saja, tapi juga di Kecamatan Gisting. 

Selain itu, faktor lainnya yaitu bangunan yang sudah tua, yang membutuhkan peremajaan kembali. Karena bak penangkap air dibangunan tersebut sudah tidak maksimal, yang tadinya debit air bisa mencapai 20, karena merembes tinggal 10-5.

"Tentunya kami (PDAM, red) sangat merespon dengan positif keluhan masyarakat. Dan kami akan mengambil langkah sesuai kemampuan untuk menanggulangi. Karena ini menyangkut tenaga, pikiran, dan dana," tuturnya.

Dia juga menerangkan, saat ini pihaknya sedang mendistribusi air ke masyarakat yang tak dapat air. Dengan menyediakan mobil tangki air bersih yang di subsidikan secara gratis ke masyarakat. 

Dengan teknis, lanjut dia, melakukan pemetaan dan berkoordinasi kecabangan Kota Agung. Selain itu juga, PDAM menyediakan call center untuk memudahkan bagi masyarakat pelanggan PDAM yang membutuhkan air. 

"Upaya itu dilakukan untuk menanggulangi yang emergency, sambil kita membenahi sarana dan prasarananya, agar masyarakat benar-benar mendapatkan pelayanan maksimal," terangnya.

Jonson mengakui, bahwa untuk pembenahan PDAM, pihaknya telah mengajukan proposal kepada Bupati Tanggamus, karena semua itu menyangkut anggaran yang sangat besar. 

Selain hal itu, kata dia, untuk penambahan debit mata air supaya bisa tercukupi, pihaknya melakukan langkah-langkah perbaikan jaringan melakukan pengecekan sistem penggiliran.

"Kami sudah buat proposal pengajuan ke Bupati. Dan berharap apa yang kami ajukan dapat direspon dan ditindak lanjuti untuk menanggapi keluhan masyarakat ini. Karena memanh kita ada batas kemampuan," ungkapnya.

Jonson juga mengungkapkan, bahwa sebagian besar saat ini para konsumen (masyarakat) banyak tidak menggunakan meterisasi, sehingga aliran air yang mereka dapat tidak terukur atau ngelos. Dan menyikapinya, PDAM akan melaksanakan Opal untuk menertibkan pelanggan, agar permasalahan ini dapat teratasi.

"Jadi kami berharap dan menghimbau kepada masyarakat, pakailah air seperlunya. Karena PDAM ini ingin membantu Pemda dalam rangka penyediaan air bersih bagi masyarakat yang terjangkau," pungkasnya. (Hrd)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Tanggamus.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment