Peringati HLH Sedunia, Wabup Pringsewu Tanam Pohon dan Tabur Benih Ikan

Peringati HLH Sedunia, Wabup Pringsewu Tanam Pohon dan Tabur Benih Ikan Foto. Anton bintangpost.com.

PRINGSEWU-BINTANGPOST : Memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia tahun  2021, Pemerintah Kabupaten Pringsewu mengadakan kegiatan penanaman pohon dan penaburan benih ikan di Embung Kalioyot, Pekon Pandansari Kecamatan Sukoharjo kabupaten setempat, Jumat (4/6/2021). 

Pemkab Pringsewu, menebar benih sekitar 5000 ekor ikan jenis nila, serta 200 batang pohon pisang dan aneka jenis tanaman lainnya yang ditanam di sekitar embung.

Kegiatan tersebut dilakukan oleh Wabup Pringsewu Fauzi, didampingi Kadis Perikanan Debi Hardian, Kadis Pertanian Siti Litawati, Kadis Ketahanan Pangan Ir.Iskandar Muda, Kadis Lingkungan Hidup Hendrid, Sekdis Pemberdayaan Masyarakat Pekon Sugiyanto, Sekdis PoraPar Supriyanto, serta Camat, KUPT Puskesmas dan Kapekon setempat.

Wabup Fauzi mengatakan, kegiatan dengan melibatkan sejumlah OPD ini merupakan salah satu bentuk ungkapan rasa syukur atas karunia adanya embung tersebut. Sekaligus dalam rangka membantu masyarakat. 

"Saya berharap, keberadaan embung ini menjadi daya rangsang pertumbuhan ekonomi di Pekon Pandansari, mengingat pekon ini memiliki potensinya yang luar biasa," harapnya.


Sementara menurut Kadis Perikanan Kabupaten Pringsewu Debi Hardian menjelaskan, kegiatan penanaman pohon dan penaburan benih ikan ini merupakan kegiatan yang sangat bagus, dimana pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat sekaligus bersinergi. Karena pemerintah sifatnya untuk membantu dan memfasilitasi. 

"Saya pun mengharapkan masyarakat turut mendukung. Dan kedepannya, embung ini dapat memberikan banyak manfaat," ucapnya.

Senada juga disampaikan Kadis Pertanian Siti Litawati yang mengatakan bahwa, potensi yang dimiliki Pekon Pandansari ini cukup besar, baik di bidang pertanian, perikanan, dan sebagainya. Sehingga pemanfaatan Embung Kalioyot tersebut diharapkan dapat lebih optimal.

"Kami tentunya meminta kepada masyarakat, agar dapat memelihara pohon yang ditanam termasuk ikan yang ditabur dan dipelihara di embung tersebut. Sehingga kedepannya nanti, dapat bermanfaat bagu masyarakat," ucapnya, didampingi Kadis Lingkungan Hidup Hendrid.

Diketahui, seusai menanam pohon dan menabur benih ikan di Embung Kalioyot, selanjutnya Wabup Pringsewu beserta rombongan meninjau alun-alun Pekon Pandansari. (anton)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment