Air Bersih Susah, Warga Pekon Sukaratu Musyawarah Cari Solusi

Air Bersih Susah, Warga Pekon Sukaratu Musyawarah Cari Solusi Foto. Gus bintangpost.com.

PRINGSEWU-BINTANGPOST : Belum selesainya pembangunan program air bersih yang dibangun di Pekon Suka Ratu Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu, Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) bersama kelompok kerja dan warga pekon setempat, menggelar musyawarah bersama mencari solusi permasalahan kurangnya air bersih untuk konsumsi rumah tangga di pekon tersebut.

Kegiatan tersebut berlangsung di balai serba guna RT 10/02 llingkungan 05 Pekon setempat, Minggu (25/4/2021).

Bambang Irawan selaku Ketua Kelompok Kerja dan Ketua Tim 1 Pamsimas Pekon Sukaratu mengungkapkan, musyawarah ini untuk mencari solusi supaya warga setempat bisa segera mendapatkan air bersih dan sehat bagi masyarakat dan warga pekon sekitar. Khususnya bagi warga Pekon Suka Ratu ini.

Dia menjelaskan, sebelumnya warga setempat mengajukan proposal terkait pengajuan pengadaan air bersih melalui program Pamsimas, namun saat ini program tersebut masih dalam tahap pengerjaan.

"Musyawarah ini untuk mencari solusi warga untuk mendapatkan air bersih. Karena warga tidak bisa menunggu program Pamsimas yang masih dalam tahap pengerjaan yang dilakukan sejak bulan Februari 2021 lalu ini, dan baru akan selesai pada Juni 2021 mendatang. Sedangkan warga sudah kekurangan air bersih untuk kebutuhan rumah tangga," ujarnya.


Bambang juga menjelaskan, program Pamsimas ini nanti, akan memberikan pasokan air bersih untuk delapan pekon, diantarannya Pekon Sukaratu, Ganjaran, Waluyo Jati, Fajar Baru, Pasir Ukir, Fajar Agung, Neglasari, dan Pekon Way Kunyir.

"Dengan target pengeboran sumur sedalam 63 meter, target selesai pekerjaan ini diperkirakan bulan Juni 2021 mendatang. Namun warga saat ini sudah kekurangan air bersih, jadi harus mencari solusi sebelum pembangunan ini selesai," ucapnya.

Walaupun begitu, lanjut dia, pihaknya tetap bersyukur dan berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu, khususnya kepada AMPL Pringsewu yang sudah membantu dan mengawal pengajuan program ini. Sehingga warga setempat kedepannya nanti tidak kekurangan air bersih lagi.

Sedangkan saat disinggung anggaran pembangunan prorgam tersebut, Bambang mengungkapkan bahwa sumber dana pembangunannya berasal dari swadaya masyarakat sebesar Rp70 juta, APBDes Rp35 juta, APBN dan APBD Rp245 juta. Dan pengerjaannya dilakukan sendiri oleh masyarakat lingkungan Pekon Suka Ratu, yang dibangun di atas lahan 6x9 meter.

"Kita berharap, adanya program ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Sukaratu dan beberapa pekon yang mendapat bantuan ini. Sehingga nantinya tidak kesulitan lagi mendapatkan air bersih dan higienis, untuk kebutuhan sehari-hari," ucapnya. (Gus)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment