Gubernur Lampung Launching Implementasi Kartu Petani Berjaya di Pringsewu

Gubernur Lampung Launching Implementasi Kartu Petani Berjaya di  Pringsewu Foto: Gus/Anton/bintangpost.com.

BANYUMAS-BINTANGPOST : Gubernur Lampung Arinal Djunaidi me-launching Implementasi Kartu Petani Berjaya di Taman Tirta Asri, Pekon Sriwungu, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Pringsewu, Selasa (1/12/20)

Pada acara yang antara lain ditandai dengan prosesi pemukulan kentongan dan pemotongan tumpeng ini, juga diserahkan secara simbolis bantuan Kredit Usaha Rakyat kepada sejumlah Gapoktan, serta penaburan benih ikan di embung pekon setempat. Turut hadir, anggota DPR RI Hanan A.Rozak, Bupati Pringsewu Sujadi, Ketua DPRD Pringsewu Suherman, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lampung, jajaran Pemprov Lampung dan Pemkab Pringsewu, serta para Ketua Gapoktan kabupaten dan kota se Provinsi Lampung.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam sambutannya mengatakan sektor pertanian dimandatkan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat secara umum yaitu pangan. Dalam kondisi pandemi Covid-19, sektor pertanian adalah yang paling mampu bertahan dalam menopang perekonomian dan memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

Dikatakan Gubernur Lampung, Menteri Pertanian telah menetapkan Lampung sebagai lokomotif pertanian Indonesia yang antara lain memiliki fungsi sebagai penyedia pangan nasional, penyedia bahan baku industri dan penyeimbang pembangunan sektor-sektor lainnya. Hal ini didasari karena Lampung memiliki potensi komoditi unggulan dalam bidang pertanian, yang memenuhi kebutuhan lokal, nasional dan ekspor ke berbagai negara, yang diharapkan dapat membangkitkan perekonomian Lampung, baik pada masa pemulihan akibat pandemi Covid-19 maupun perekonomian Lampung di masa mendatang.

Arinal juga mengatakan melalui kartu Petani Berjaya, para petani diharapkan mendapat kemudahan dalam memperoleh sarana produksi, akses permodalan, pembinaan usaha dan teknologi, penanganan panen dan paska panen, pemasaran, asuransi, jaminan sosial dan beasiswa pendidikan bagi anak petani berprestasi yang akan melanjutkan ke pendidikan tinggi bidang pertanian, yang kesemuanya diberikan secara bertahap bagi seluruh petani di Provinsi Lampung. "Bahkan, untuk memudahkan dan mengefektifkan dialog antara petani dengan pengambil kebijakan, juga telah dibentuk Forum komunikasi Petani Lampung Berjaya, sebagai sarana untuk menyampaikan permasalahan agar dapat dicarikan solusi bersama", ujarnya.

Sementara itu, Bupati Pringsewu Sujadi mengaku bangga karena program Kartu Petani Berjaya dapat direalisasikan di Kabupaten Pringsewu. Hal ini terwujud berkat dukungan dan kerjasama semua pihak.

Menurut Sujadi, Kartu Petani Berjaya merupakan program yang menghubungkan semua kepentingan petani dalam rangka meningkatkan kesejahteraan. Ia berharap KPB betul-betul dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama kalangan petani di Kabupaten Pringsewu, sebagai bagian dari upaya untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Pringsewu yang Bersahaja, yakni Berdaya saing, Harmonis dan Sejahtera, serta Lampung Berjaya.

Sementara itu, terkait dipilihnya Taman Tirta Asri yang merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Pringsewu sebagai lokasi kegiatan, adalah sebagai bentuk ajang promosi yang ditawarkan Bupati Pringsewu kepada Gubernur Lampung bahwa Pringsewu memiliki tempat destinasi wisata menarik yang dikelola oleh BUMDes setempat.(Gus/Anton)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment