Dinsos Pesawaran Gelar Bimtek Aplikasi SIKS-NG

Dinsos Pesawaran Gelar Bimtek Aplikasi SIKS-NG Foto. Red.

BINTANGPOST : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran melalui Dinas Sosial (Dinsos) menerapkan aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG), di Kecamatan Kedondong kabupaten setempat, Selasa (21/7/2020).

Bimbingan tekhnis terkait aplikasi SIKS-NG yang diberikan kepada para operator desa tersebut, agar data kemiskinan warga di seluruh desa di Kecamatan Kedondong bisa terverifikasi dengan baik. Sehingga secara otomatis, penanganan kemiskinan pun bisa dilakukan dengan baik.

"Tidak hanya di Kecamatan Kedondong, penggunaan aplikasi SIKS-NG ini untuk pemutakhiran basis data terpadu kemiskinan yang ada di seluruh kecamatan di Kabupaten Pesawaran," ujar Yulizar, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pesawaran saat membuka acara tersebut.

Menurut dia, bimtek ini sebagai langkah untuk meningkatkan wawasan seluruh operator desa, agar bisa lebih mudah melakukan pendataan melalui sistem IT. 

"Aplikasi yang diluncurkan Kementrian Sosial RI ini, akan diupayakan selalu update. Sehingga data yang masuk dan berubah, bisa terlaporkan," ungkapnya.

Aplikasi ini juga, lanjut Yulizar, untuk mensinergikan terhadap perangkat desa yang ada, agar bisa melakukan pengawasan dan penanganan kemiskinan yang dilakukan pemerintah. Dan melalui aplikasi SIKS-NG ini, diharapkan kedepannya dapat mengolah dan menghasilkan data yang akurat.

Dia juga mengatakan, penganggulangan kemiskinan, merupakan program pemerintah yang diimplementasikan melalui Program Keluarga Harapan atau PKH, Kartu Indonesia Sehat atau KIS, Kartu Indonesia Pintar atau KIP dan bantuan sosial Beras Sejahtera atau Bansos Rastra. 

"Namun itu takan berhasil jika tidak terverifikasi dengan baik. Sehingga melalui aplikasi ini, diharapkan menghasilkan data yang akurat, dan program-program pengentasan kemiskinan dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran," katanya. (red)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pesawaran.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment