Antisipasi Banjir, BPBD Bandarlampung Siagakan Ratusan Personel TRC

Antisipasi Banjir, BPBD Bandarlampung Siagakan Ratusan Personel TRC foto : dwi/bintangpost.com.

BINTANGPOST : Guna mengantisipasi bencana banjir di sejumlah wilayah di Kota Bandarlampung dalam musim hujan saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandarlampung menyiagakan ratusan personel yang tergabung dalam Tim Reaksi Cepat (TRC).
Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Bandarlampung, Sutarno pada Dialog Program Siaran Tanggap Bencana ‘Kentongan’ di Programa 1 RRI Bandarlampung, Selasa (7/1),  menjelaskan, BPBD Bandarlampung telah mencatat 23 titik banjir yang terjadi selama hujan mengguyur deras kota setempat dalam satu pekan ini. "Untuk itu, kami telah menyiagakan ratusan personel yang tersebar di tiap-tiap pos siaga bencana untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir saat hujan turun dengan intensitas tinggi dalam waktu yang cukup lama,” ujarnya.
Ia menyebutkan, faktor terjadinya peningkatan titik banjir disebabkan oleh drainase yang ambrol sampai menutup aliran air sehingga air meluap ke jalan dan menyebabkan genangan. “Kemudian, adanya penyempitan dan pendangkalan sungai yang membuat air menjadi meninggi ketika intensitas hujan tinggi hingga tumpah ke jalan maupun ke rumah warga,” kata dia.
Selain itu, pihaknya juga mengimbau masyarakat Kota Bandarlampung untuk  tidak membuang sampah ke aliran sungai ataupun di selokan yang dapat menyumbat aliran air sehingga menyebabkan banjir di sejumlah daerah di Bandarlampung. (dwi)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Bandar Lampung.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment