Presiden Jokowi Resmikan JTTS Ruas Terbanggi Besar-Kayu Agung

Presiden Jokowi Resmikan JTTS Ruas Terbanggi Besar-Kayu Agung Foto. Ist.

BINTANGPOST : Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Terbanggibesar-Pematangpanggang –Kayuagung Sumatera Selatan, Jumat (15/11/2019).

Peresmian tersebut ditandai dengan membunyikan alarm dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi, didamping Gubernur Arinal Djunaidi, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru. 

Turut hadir mendampingi Presiden RI, Menteri Kabinet Indonesia Maju, diantaranya Menteri Sekretaris Negara Prof. Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Diketahui, Jalan Tol Trans Sumatera yang memiliki panjang 189 Km tersebut, memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI), karena menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa, pembangunan tol bukan hanya untuk Pulau Jawa saja, tapi juga Pulau Sumatera dari Provinsi Lampung sampai Aceh sepanjang 2974 Km, yang ditargetkan akan selesai tahun 2024 mendatang.

Jokowi juga mengungkapkan, bahwa jalan tol trans sumatera ini merupakan jalan tol terpanjang yang pernah diresmikan. 

"Saya mendapat informasi, bahwa dari Lampung ke Palembang sebelumnya mencapai waktu 8-10 jam. Dengan adanya jalan tol ini jarak tempuh hanya 3 jam. Inilah yang dinamakan kecepatan dan efesiensi waktu," ujar Presiden.


Presiden Jokowi juga mengatakan, dengan tersambungnya Tol Terbanggi Besar–Kayu Agung ini dapat bermanfaat besar bagi masyarakat. Khususnya dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

"Dengan sudah diresmikannya JTTS ini, kedepannya dapat tersambung lagi mulai dari Kayu Agung ke Palembang, dan Palembang–Betung. Sesuai dengan target pembangunan jalan tol trans sumatera yang akan dibangun mulai dari Lampung hingga ke Aceh," ucapnya. 

Usai meresmikan JTTS, Presiden Jokowi meninjau fasilitas dan gerbang tol Simpang Pematang yang menjadi lokasi peresmian JTTS tersebut.

Diketahui juga, selain didampingi sejumlah Kabinet Indonesia Maju, ikut mendampingi juga yaitu, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Sekretaris Pribadi Presiden Anggit Nugroho, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, dan Staf Khusus Presiden M. Fadjroel Rachman

Sedangkan sejumlah kepala daerah di Provinsi Lampung yang hadir dalam acara tersebut, Bupati Tulangbawang Winarti, Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad, Plt Bupati Mesuji Saply, dan Walikota Bandarlampung Herman HN. Serta jajaran Forkopimda Provinsi Lampung. (Mihsan/red)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Nasional.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment