Pergelaran Wayang Kulit Semarakkan HUT Pekon Pagelaran

Pergelaran Wayang Kulit  Semarakkan HUT Pekon Pagelaran Foto : cikhan/bintangpost.com.

"Selain sebagai hiburan tontonan, wayang ini juga sebagai tuntutan bagi warga masyarakat Pagelaran." 
BINTANGPOST : Apresiasi seni dan budaya yang menampilkan pergelaran wayang kulit dengan dalang Ki Supardi Romo Putro dari Kecamatan Ambarawa, mengakhiri rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT Pekon Pagelaran Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu Ke 89 Tahun 2019. Pergelaran wayang yang membawakan lakon "Gatot Koco Wisudo" dilaksanakan di halaman Rumah Kepala Pekon Pagelaran.  
Kepala Pekon Pagelaran Heri Randy Wijaya mengungkapkan, kegiatan ini merupakan puncak kegiatan, dari berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan, diantaranya Lomba bola volley antar RT di Pekon Pagelaran, lomba Nasi tumpeng antar RT, Doa besama Istighotsah, Pergelaran Seni Kuda Lumping dan Wayang kulit semalam suntuk. “Pergelaran wayang kulit adalah puncak acara dari rangkaian kegiatan yang kami laksanakan bersama masyarakat.  Atas nama Pemerintah Pekon Pagelaran dan Para panitia  kami sampaikan terima kasih atas seluruh dukungan dari berbagai pihak sehingga seluruh kegiatan terselenggara sukses sesuai dengan agenda yang telah direncanakan.  Selain itu kami tentunya mohon maaf apabila masih banyak kekurangan dalam meyelenggarakan kegiatan, Alhamdulillah sudah lama kita tidak wayangan, dan di malam hari ulang tahun ini bisa terlaksana” kata Heri Randy Wijaya, Rabu malam (23/10).

Sementara itu, Camat Pagelaran  Bahrudin,SIP yang hadir beserta sejumlah pejabat Pemerintah Kecamatan Pagelaran dalam sambutannya menyatakan sangat menyambut baik atas diselenggarakannya kegiatan apresiasi seni dan budaya memperingati HUT Pekon Pagelaran ke 89 Tahun 2019. Dirinya berharap, kegiatan memperingati hari Ulang Tahun Pekon Pagelaran akan menjadi momentum silaturahmi warga masyarakat Pagelaran, jalinan silaturahmi akan semakin mengguyub- rukunkan warga masyarakat Pekon Pagelaran. Dikatakan, Guyub rukun penting karena dengan guyub rukun akan menjadi modal dalam penyelenggaraan pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan yang baik  mulai dari desa, Kecamatan sampai Kabupaten. “Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata budaya karena sama saja kita ikut melestarikan warisan budaya leluhur tanah jawa khususnya di Pekon Pagelaran. Selain sebagai hiburan tontonan, wayang ini juga sebagai tuntutan bagi warga masyarakat Pagelaran. Saya berharap kegiatan memperingati hari Ulang Tahun Pekon Pagelaran semakin meningkatkan rasa cinta tanah air dan mengguyub-rukunkan seluruh warga masyarakat Pagelaran. Camat Pagelaran mengharapkan seluruh masyarakat mendukung pemerintah Pekon Pagelaran dalam berbagai aspek pembangunan, diantaranya melunaskan PBB dengan 100 persen. “Saya berharap masyarakat pekon Pagelaran untuk mendukung penuh program Sanitasi sehat,  memiliki Jamban Sehat, dan menjaga keamanan / Kamtibmas di lingkungannya,”terangnya.

Pergelaran Wayang Kulit diawali dengan acara seremonial dengan menampilkan  hiburan dan tarian Sigeh Pengeuten serta pembagian  hadiah berbagai lomba yang dilaksanakan, dihadiri sejumlah undangan dari jajaran pejabat Kecamatan Pagelaran, Camat Pagelaran Bahrudin,SIP, Anggota DPRD Kabupaten Pringsewu Mefi, Danramil Pagelaran, Kapolsek Pagelaran, Babinsa Pekon Pagelaran, Babinkamtibmas Pekon Pagelaran, tokoh agama, tokoh masyarakat, Para Kepala Pekon Sekecamatan Pagelaran, Ketua Apdesi Kecamatan Pagelaran, serta disaksikan Ratusan Masyarakat Pekon Pagelaran lainnya. (Adv/Cikhan)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment