Pemkab Tuba Gelar Sosialisasi Program Taspen

Pemkab Tuba Gelar Sosialisasi Program Taspen Foto. Heri.

BINTANGPOST : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang, menggelar sosialisasi program Taspen kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Calon Pensiun tahun 2020 dikabupaten setempat, Kamis (3/10/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan dilantai II Rupatama Kantor Bupati Tuba tersebut, dihadiri jajaran administrator dan fungsional dilingkup Pemkab Tulangbawang.

Dihadiri juga narasumber Kepala PT. Taspen (Persero) Lampung Tomdoly Tobing, dan Kepala Bank Mantap (Mandiri Taspen) Cabang Lampung Ketut, dan para peserta sosialisasi.

Sekdakab Tuba Anthoni mewakili Bupati Tulangbawang Winarti menyampaikan bahwa, dalam organisasi pemerintahan, peranan dan kedudukan ASN sangatlah strategis, untuk menyelenggarakan roda pemerintahan dan pembangunan dalam rangka mewujudkan tujuan negara.

"Baik buruknya suatu pemerintahan, sangat tergantung pada mesin birokrasi atau ASN sebagai penyelenggara pemerintahan itu sendiri. Sehingga sebagai tulang punggung dan unsur utama penopang pembangunan negara, karena ASN di lingkup Pemkab Tuba memang memiliki resiko yang tinggi dalam menjalankan tugasnya," jelasnya.

Anthoni melanjutkan, sebelum dikeluarkannya PP Nomor 70 Tahun 2015 tentang JKK JKM, Pemkab Tulangbawang memang sudah memiliki aturan/Perbup tentang JKK dan JKM  Nomor 21 Tahun 2010. Yang mengatur tentang Jaminan terhadap PNS, Non PNS dan Keluarganya, yang kemudian Perbup tersebut direvisi menjadi Perbup Nomor 13 Tahun 2017.

"Dengan Perbup tersebut, membuktikan bahwa Pemerintah Kabupaten Tulangbawang memberi perhatian dan kepedulian untuk Pegawai Non PNS dan Keluarganya. Dalam hal memberikan jaminan terhadap risiko yang mungkin terjadi dan dialami oleh pegawai ketika menjalankan tugas dan fungsinya," tuturnya.

Dia juga menambahkan, dirinya sangat mengapresiasi kepada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Tulangbawang, yang telah memfasilitasi diselenggarakannya sosialisasi ini.

Dan kepada PT. Taspen (Persero), lanjut dia, dirinya berharap materi yang berkaitan dengan program yang dijalankan yaitu Program Pensiun, Program Tabungan Hari Tua (THT), Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) dan Program Taspen Save serta Program Kewirausahaan dapat disampaikan dengan sejelas-jelasnya. Sehingga dapat dipahami dengan baik oleh seluruh peserta sosialisasi.

"Mengingat perlindungan terhadap bahaya akibat kerja atau akibat dari lingkungan kerja sangat dibutuhkan, agar pegawai merasa aman dan nyaman dalam menjalankan pekerjaannya. Sama halnya dengan 25 Program Unggulan BMW, Pemda menganggarkan santunan kematian, santuan untuk lanjut usia, dan santunan untuk penyandang disabilitas," harapnya. (Heri)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Tulang Bawang.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment