Ratusan siswa madrasah, ikuti kompetensi Sains.

Ratusan siswa madrasah, ikuti kompetensi Sains. Foto : ato/bintangpost.com.


BINTANGPOST : Kementerian Agama Kabupaten Lampung Tengah, mengadakan kegiatan kompetisi sains madrasah (KSM) tingkat kabupaten Lampung Tengah tahun 2019 bertempat di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 (20/7).
Kepala Kemenag lampung Tengah Drs. H. Jamaludin,MM, berharap para peserta sukses mengikuti KSM sehingga dapat berkopetensi ditingkat provinsi dan bahkan nasional. Kegiatan ini, dapat dijadikan acuan dalam proses sehingga dapat bersaing dengan dunia luar. Oleh karena itu Jamal berharap jajaranya dapat bahu membahu menjadikan mandrasyah bermartabat.
Hadir pada acara tersebut, Diar Mairi M.Pd.I, Kasi Pendidikan Madrasah, kelompok kerja pengawas, beserta guru pendamping.
KSM diikuti oleh 111 siswa yang terdiri dari 21 siswa Madrasah Ibtidaiyah (setingkat SD), 39 siswa Madrasah Tsanawiyah (setingkat SLTP) dan 51 siswa Madrasah Aliyah ( setingkat  SLTA)  se-Kabupaten Lampung Tengah yang telah terdaftar dan terverifikasi secara online dari 11 bidang studi terintegrasi yang diujikan.
menurut Diar Mairi, M.Pd.I,  pelaksanaan KSM ini bertujuan untuk mengembangkan potensi dan kreativitas siswa di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Sehingga diharapkan mampu memupuk motivasi siswa untuk terus mencintai, serta mempelajari IPTEK terkini, melahirkan sumberdaya manusia yang berkarakter, kokoh dan tahan uji serta memiliki kemampuan yang handal dibidangnya, sehingga mampu mengatasi masalah dalam kehidupan sehari-hari.
Disisi lain, Kepala MAN 1 Lampung Tengah, Drs. H. Wiratno, M.Pd.I., menyampaikan bahwa prestasi yang pernah diraih oleh siswanya yaitu juara 1 matematika KSM tingkat nasional, selain itu juga sering mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di luar Kementerian Agama, seperti kompetisi sains yang diselenggarakan oleh Universitas-universitas ternama seperti ITB dan UNES dengan meraih prestasi 10 besar secara regional dan 11 besar secara nasional untuk bidang studi matematika.
Salah satu guru pendamping dari MA Raudlatul Ulum menceritakan  bahwa setiap tahunnya  pelaksanaan KSM tingkat madrasah dibagi menjadi dua tahap, yaitu pada bulan agustus dan Oktober. Dalam persiapan ini, para siswa diberikan kisi-kisi soal sehingga melatih para siswa agar semakin tajam dalam memahami bidang ilmu yang diminatinya. 
Sri dari MAS Raudlatul Ulum, seorang siswa peserta menyambut baik pelaksanaan KSM ini. 
“Kompetisi Sains Madrasah, dapat menambah  motivasi dan bersemangat. Karena kompetensi dapat membangun semangat belajar dan merupakan salah satu jalan menuju mimpi yang saya cita-citakan," ujarnya(ato)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Lampung Tengah.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment