PAUD Harapan Bangsa Sosialisakan Gernas Baku.

PAUD Harapan Bangsa Sosialisakan Gernas Baku. Foto : arm/bintangpost.com.

BINTANGPOST : Pendidikan Anak Usia Dini/PAUD Harapan Bangsa Banjarejo Kecamatan Banyumas Pringsewu, menggelar sosialisasi Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku/Gernas Baku.
Pengelola PAUD Harapan Bangsa Banjarejo, IG. Takatno, S.Pd. menjelaskan kegiatan Gernas Baku ini dilaksanakan  berdasarkan surat edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Nomor : 1016/C3.2/TU/2019 tentang Gerakan Orangtua Membacakan Buku (GERNAS BAKU) Tahun 2019 ; yang telah disebarluaskan melalui Dinas Pendidikan Propinsi/Kabupaten/Kota, Pengurus IGTK dan Himpaudi Se Indonesia bahwa setiap lembaga / satuan Pendidikan PAUD ikut serta melaksanakan Kegiatan Gernas Baku 2019. "Adapun tahapan-tahapan yang dilaksanakan adalah ; Sosialisasi Gernas Baku, Donasi Buku, Seminar dan Parenting Orang Tua wali, dan Puncak acara Gernas Baku pada tanggal 27 Juli 2019 mendatang" ujarnya.

Dikatakan, tujuan di adakan kegiatan Sosialisasi agar seluruh lapisan masyarakat mengetahui tentang Gernas Baku. "Gernas Baku adalah  Gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah, disatuan PAUD, dan di masyarakat. Tujuan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku) adalah Membiasakan orang tua membacakan buku bersama anak, mempererat hubungan sosial-emosi antara anak dan orang tua, serta menumbuhkan minat baca anak sejak dini,"ungkapnya. Menurut Katno, yang terlibat dalam Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku) Orang Tua, Warga Sekolah dan Masyarakat.
Sementara itu, Kepala Pekon Banjarejo  diwakili Sekretaris Pekon Muryanto,  dalam sambutan menyampaikan sangat mendukung kegiatan Gernas Baku ini. "Atas nama pemerintah Pekon, kami mengajak seluruh masyarakat untuk mensukseskan kegiatan Gernas Baku. Sebagai orang tua harus saling mendampingi putra-putrinya, dan mengawasi dalam penggunaan HP android. Mohon kerjasama dari semua pihak, terutama Bapak/Ibu wali murid. Karena Pendidikan Anak Usia Dini merupakan generasi Penerus Bangsa di masa depan,"ujarnya.
Sedangkan Hi. Ismungin, S.Pd. selaku Kepala UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu dalam sambutannya mengatakan masalah pendidikan, menjadi satu hal yang sangat menentukan nasib Bangsa Indonesia. "Pendidikan merupakan salah satu dasar, sebuah proses bagaimana anak itu bisa cerdas, berakhlak, dan berkarakter menjadi kepribadian yang bertanggungjawab,"tegasnya.
Camat Banyumas, Hartoyo, S.Pd. MM. menyampaikan sangat mendukung kegiatan Gernas Baku ini. "Dengan Gerakan Nasional Orangtua Membacakan Buku ini, harapannya anak-anak kita lebih menyukai buku daripada HP android. Harapan kita kedepan anak-anak menjadi kutu buku yaitu anak-anak yang senang membaca buku, baik buku bacaan maupun ngaji. Terkait juga Program Nasional Matikan TV dari pukul 19.00 sd 21.00 untuk belajar, sebagai orang tua mendampingi putra-putrinya dalam belajar.(Arm)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment