Saply TH Sampaikan LKPJ Pemkab Mesuji Tahun 2018

Saply TH Sampaikan LKPJ Pemkab Mesuji Tahun 2018 Foto. Mihsan.

BINTANGPOST : Plt Bupati Mesuji Saply TH menyampaikan nota pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Mesuji tahun anggaran 2018. 

Hal itu disampaikan Saply, dalam rapat paripurna pembicaraan Tingkat I penyampaian LKPJ Bupati Mesuji Tahun Anggaran 2018 di Gedung DPRD Kabupaten Mesuji, Senin (13/05/2019).

Menurut dia, ada tiga hal pokok yang menjadi fokus utama penyampaian LKPJ. Yakni kebijakan umum pemerintah daerah, pengelolaan keuangan daerah, dan penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah.

Menurut dia, arah kebijakan umum Pemkab Mesuji tahun 2018 mengacu kepada Peraturan Daerah Kabupaten Mesuji Nomor 11 Tahun 2017 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Mesuji Tahun 2017-2022, yang memuat visi dan misi Pemerintah Kabupaten Mesuji yang dijabarkan dalam berbagai strategi, kebijakan, dan prioritas daerah yang dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan.

"Dalam hal pengelolaan keuangan daerah, realisasi Pendapatan Daerah Tahun 2018 sebesar Rp843 milyar atau sebesar 97,44%, dari target yang ditetapkan sebesar Rp866 milyar. Dan realisasi Belanja Daerah sebesar Rp.812 milyar atau mencapai 86%, dari target sebesar Rp.946 milyar," jelasnya.

Dalam pencapaian visi Kabupaten Mesuji, lanjut dia, Pemkab Mesuji menitikberatkan pada peningkatan infrastruktur, guna menopang pertumbuhan ekonomi. Pemkab Mesuji juga mengutamakan pembangunan jalan dan jembatan, yang meliputi pembangunan ruas jalan dan jembatan, pelebaran jalan, perbaikan, maupun pemeliharaan jalan dan jembatan. 

"Hal ini telah membuahkan hasil terhadap aksesibilitas pada 105 desa yang ada di Kabupaten Mesuji," ucapnya.

Saply mengungkapkan, dibidang perumahan rakyat, pada tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Mesuji telah melakukan penanganan rumah layak huni sebanyak 1.882 unit rumah, bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Secara akumulatif, dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2018, telah melakukan penanganan rumah tidak layak huni menjadi layak huni sebanyak total 8.835 unit. 

"Begitu pula dibidang kesehatan dan pendidikan, cakupan target yang telah dilaksanakan telah dilaksanakan dan dirasakan oleh masyarakat. Masyarakat saat ini sudah mendapatkan fasilitas dan jaminan yang didanai oleh pemerintah daerah melalui program-program yang sudah di jalankan pada tahun 2018," ungkapnya.

Dia menambahkan, selaku eksekutif di daerah, kami telah berusaha semaksimal mungkin untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dipercayakan. Dan kami menyadari, bahwa dalam pelaksanaan tugas-tugas tersebut tentunya masih banyak kendala dan permasalahan yang harus kita selesaikan secara bersama-sama, pungkasnya. (Mihsan)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Mesuji.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment