Edukasi Maritim " Aku Cinta Laut Indonesia"

Edukasi Maritim Foto: istimewa.

BINTANGPOST: Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) kembali menggelar Program Edukasi Maritim dengan tema "AKU CINTA LAUT INDONESIA" Kegiatan Edukasi Maritim digelar di SD N 39 Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat Jambi pada tgl 31 Juli sampai 3 Agustus 2018 dengan sasaran anak-anak pesisir dan perbatasan dengan harapan sejak dini diantaranya anak-anak pesisir khususnya untuk mencintai alam lautan dan menjaganya. Bertujuan untuk memberikan Edukasi Maritim ini BAKMLA RI  menggandeng Relawan Peduli Sosial dan Pendidikan yakni Perahu Pustaka Lampung.

Sebelumnya di bulan April 2018 telah digelar kegiatan serupa di Desa Sumur Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan.

Kegiatan Edukasi Maritim ini menjadi penting sekali untuk mengingat Indonesia adalah Negara Maritim  yaitu negara yg memiliki laut yg sangat luas sehingga Kelestarian Laut khususnya Laut INDONESIA menjadi suatu hal yg harus terus senantiasa di jaga dan di upayakan.

Kegiatan edukasi ini di buka oleh Direktur Kerjasama BAKAMLA RI Dade Ruskandar, SH. MH  dan di dampingi oleh Kasubdit Pengembangan Potensi Keamanan Laut BAKAMLA RI Kombes Polisi Suhar Wiyono, SH, 

"Edukasi sejak dini dilakukan dengan harapan sejak kecil, anak-anak yang telah memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap laut sehingga mencintai dan ikut menjaga keamanan, keselamatan dan kelestarian laut."ucap Dade, Jum'at (3/8/18)

Lebih  lanjut Dede menjelaskan, Laut kita memiliki sumber daya alam yg sangat melimpah dan apabila dikelola dgn baik bisa digunakan untuk mensejahterakan bangsa Indonesia baik pada masa kini maupun masa yg akan datang.

"apabila dikelola dengan baik, laut bisa mensejahterakan Bangsa Indonesia, kini dan masa mendatang"jelas Dade lagi.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Asisten 1 Bidang Pemerintahan, Pemda Tanjung Jabung Barat, Ditpolair Polda Jambi, Kodim Tanjung Jabung Barat, Kepala Desa,  Tokoh dan Masyarakat Desa Kuala Tungkal.

Agung Gede perwakilan Lampung mengucapkan terimakasih untuk kesatuan yang telah memeberikan izin untuk menjadi narasumber edukasi maritim yg di adakan oleh bakamla RI di jambi kualatungkal, Dengan kegiatan ini tentunya bisa sama-sama belajar mencintai alam sekeliling. 

"Dengan anak-anak SDN 39 kualatungkal  jambi yg ada di pesisir pantai dan bisa bersilahturahmi dengan bakamla RI, bertemu simpul literasi yg ada di jambi, dan intansi terkait disini. Kami juga memberikan bantuan buku, alat tulis, alat gambar untuk sekolah paud yg ada disini dengan pengelolaan swadaya". Ungkap Agung.

Dalam kegiatan ini anak anak di bekali ilmu pengetahuan oleh 4 pembicara, yakni , mengenai Profil BAKAMLA RI disampaikan oleh Wahyu Adi Yuniarsa, S.Pd , untuk Mengenal Laut dan Manfaatnya bagi Manusia (Muhammad Hamdani, S.IP : Chips perahu pustaka) , Upaya Menjaga Kelestarian Laut dan Faktor faktor yang merusak Laut ( Bripka Agung Gede satPolairud Polres Lamsel) , Motivasi berprestasi bagi anak anak Pesisir untuk terus semangat berjuang dan menggapai Cita cita ( Radmiadi : ASDP Merak Banten ).(dji-aap).

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Nasional.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment