Dinsos Lampung Gelar Bimtek Karang Taruna

Dinsos Lampung Gelar Bimtek Karang Taruna Foto bersama Bimtek Karang Taruna Dinsos Lampung.

BINTANGPOST : Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Lampung Risco Irawan, membuka acara bimbingan tekhnis (Bimtek) Karang Taruna Provinsi Lampung, yang digelar di Hotel Urban Pringsewu, Rabu (11/07/2018).

Dalam sambutannya, Risco menuturkan bahwa, keberadaan Karang Taruna ditengah masyarakat sudah dikenal sejak puluhan tahun yang lalu. Namun eksistensinya masih perlu ditingkatkan terus, khususnya dalam upaya mewujudkan kesejahteraan sosial generasi muda disetiap wilayah.

Menurutnya, permasalahan generasi muda saat ini semakin meningkat dan kompleks. Ancaman narkoba yang akan menggerogoti kualitas generasi muda sebagai pewaris kepemimpinan dan masa depan bangsa, sudah sangat mengkhawatirkan. Karena pemakai narkoba sebagian besar adalah generasi muda. 

"Terbatasnya lapangan kerja yang tidak mampu menampung pencari kerja, sehingga akan berdampak meningkatnya masalah sosial lainnya. Seperti generasi muda yang kurang beruntung atau defabel, balita dan anak terlantar,  kemiskinan keluarga dan lain sebagainya," tuturnya.

Oleh karena itu, lamjut dia, Karang Taruna yang keberadaanya ditingkat kelurahan/desa, harus mampu mencegah tumbuh dan berkembangnya masalah sosial, dan memupuk potensi dan sumber generasi muda. Sehingga mampu berperan secara aktif dalam pembangunan. 

Dia juga mengatakan, secara fungsional Karang Taruna merupakan binaan Dinas Sosial, namun aplikasi program/kegiatan harus berkoordinasi dengan dinas/instansi terkait. 

"Saya berharap Karang Taruna harus mampu menjalin koordinasi dengan semua pihak baik pemerintah maupun swasta. Untuk kemajuan dan menciptakan generasi muda yang baik, tangguh dan mandiri," pungkasnya.

Diketahui, Bimtek tersebut diikuti oleh pengurus Karang Taruna perwakilan dari Kabupaten Pringsewu, Tanggamus, Pesawaran dan Lampung Selatan, yang digelar selama dua hari. (Red)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Lampung.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment