Rakor PSKS dan Pembagian Bantuan Dampak El-Nino Kabupaten Pringsewu

Rakor PSKS dan Pembagian Bantuan Dampak El-Nino Kabupaten Pringsewu Foto. Gus bintangpost.com.

Pringsewu (BP) : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pringsewu menggelar Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memfasilitasi masyarakat berupa pemberian KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi), konseling dan rujukan dalam permasalahan keluarga secara gratis dan berbasis institusi.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Pj. Bupati Pringsewu Adi Erlansyah sekaligus dilakukan Rapat Koordinasi (Rakor) Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) dan penyerahan bantuan dampak El-Nino, di Aula Utama Pemkab Pringsewu, Kamis (21/12/2023).

Menurut Pj. Bupati, beberapa sasaran PPKS diantaranya adalah balita, anak terlantar, anak berhadapan dengan hukum, anak jalanan, lansia terlantar, tuna susila, gelandangan dan pengemis, pemulung, kelompok minoritas, korban bencana alam dan sosial dan korban trafficking.

"Melalui PSKS diharapkan masyarakat dapat mengetahui keberadaan PSKS tersebut di daerah masing-masing, sebagai aksesbilitas publik dan pengaduan jika ada masyarakat tidak mampu yang membutuhkan," ujarnya.

Baca Juga :

https://bintangpost.com/read/8522/kabupaten-pringsewu-gelar-forum-konsultasi-publik-rpjpd-2025-2045

https://bintangpost.com/read/8518/pemkab-pringsewu-beri-bantuan-tunai-masyarakat-miskin-ekstrem

Hal ini, menurut dia, merupakan wujud kehadiran pemerintah baik pusat maupun daerah dalam mengupayakan mengatasi permasalahan dan pengentasan kemiskinan yang ada di tengah masyarakat. Bagi pemerintah, PSKS sangat berperan penting dalam upaya meningkatkan kesejahteraan sosial dan penanganan kemiskinan.

Selain itu, Adi Erlansyah juga menyampaikan 12 pilar PSKS, yaitu Pekerja Sosial Profesional (PSP), Pekerja Sosial Masyarkat (PSM), Taruna Siaga Bencana (Tagana), Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), Karang Taruna, Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3), Wahana Kesejahteraan Sosial Keluarga Berbasis Masyarakat (WKSBM), Wanita Pemimpin Kesejahteraan Sosial (WPKS), penyuluh sosial, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan dunia usaha.

"Terima kasih dan apresiasi kepada PSKS yang telah berbuat banyak untuk masyarakat dalam membantu pemerintah melaksanakan program-program sosial di Kabupaten Pringsewu. Semoga memberikan banyak manfaat selaligus menjadi ladang amal," ucapnya. 

Dan kami juga berterimakasih kepada PT. Pos Indonesia yang telah mendistribusikan program Bantuan Langsung Tunai (BLT) dampak El-Nino dengan jumlah penerima sebanyak 1.929 KPM (Keluarga Penerima Manfaat). Dengan total bantuan Rp771,6 juta, dimana setiap KPM menerima Rp 400 ribu, ungkapnya. (Gus)






     

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment