KUA Gunung Sugih Raih Performa Terbaik Se-Indonesia

KUA Gunung Sugih Raih Performa Terbaik Se-Indonesia Foto. Edwin bintangpost.com.

Lampungtengah (BP) : Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah meraih indeks performa kinerja tertinggi Se-Indonesia dengan angka 93,2 berdasarkan penilaian Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI. 

Hal itu diketahui, saat diumumkan dalam acara Konsolidasi Kelembagaan untuk Penguatan Revitalisasi KUA yang diselenggarakan di Jakarta, Kamis (25/8/2022).

Diketahui, secara keseluruhan KUA Pusaka Gunung Sugih Lampung Tengah memiliki performa yang lebih baik dalam pelayanan. Sementara itu, KUA Banjarnegara Jawa Tengah mendapatkan nilai 83,1, kemudian KUA Sidoarjo Jawa Timur 83,0, KUA Sewon Bantul DIY 76,6, KUA Biringkanaya Sulawesi Selatan 70,2, serta KUA Ciawigebang Jawa Barat memperoleh 67,7.

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/6009/wujudkan-lumbung-ternak-bupati-lampung-tengah-resmikan-pasar-hewan-di-bekri

http://bintangpost.com/read/5959/monev-kanwil-kemenag-provinsi-lampung

Penialian tersebut dilakukan oleh Ditjen Bimas Islam Kemenag RI, dengan melakukan penelitian mengukur Indeks Kepuasan Masyarakat menggunakan Survei Kuantitatif dan Pengukuran Observasi Service Quality melalui Mystery Guest pada Bulan Desember Tahun 2021.

Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) ini dilakukan pada 400 KUA kecamatan terpilih dari 28 provinsi di Indonesia. Sedangkan pelaksanaan Mystery Guest dilaksanakan terhadap 6 KUA kecamatan yang menjadi percontohan Revitalisasi.

Ketika menjalankan tugasnya, Mystery Guest melakukan pengamatan tanpa diketahui pihak pemberi layanan untuk mendapatkan gambaran aktual dari pelayanan. Indikator penilaian terdiri dari Aspek Non Fisik dan Aspek Fisik yang dinilai secara komprehensif.

"Semua penilaian dan penelitian ini dipantau untuk memastikan program prioritas tersebut berjalan dengan baik," ujar Staf Ahli Bidang Hukum dan HAM Abu Rokhmad, mewakili Menag Yaqut saat membuka Konsolidasi Kelembagaan Memperkuat Revitalisasi KUA di Jakarta.

Menurut dia, Revitalisasi KUA harus bisa dijelaskan secara kuantitas dan kualitas, baik fisik, maupun pelayanan bagi masyarakat. Jika revitalisasi KUA berhasil, kata dia, Indeks kepuasan layanan KUA naik. Dan berarti Program Revitalisasi KUA berjalan baik,” ungkap Abu Rokhmad.

Diketahui, dalam acara tersebut dihadiri 514 peserta utusan dari Kankemenag Kabupaten/Kota, dan Kanwil Kemenag Provinsi Se-Indonesia. (edw)





     

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Lampung Tengah.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment