Mengentaskan Kemiskinan Kemenag Lamteng Sosialisasikan Baznas

Mengentaskan Kemiskinan Kemenag Lamteng Sosialisasikan Baznas Foto : Ato/bintangpost.com.

BINTANGPOST :  Kementerian Agama Kabupaten Lampung Tengah bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggelar Sosialisasi Layanan Berzakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di aula Rumah Makan Prambanan Bandarjaya pada (16/7).  Hadir pada acara tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten  Lampung Tengah diwakili  Sekretaris Dinas Hj.Damayanti, SKM.MM, Kemenag Lampung Tengah, Drs. H. Jamaludin, M.M., dan seluruh Pengurus dan seluruh Pegawai Puskesmas se-Kabupaten Lampung Tengah.

Kepala. Kemenang Kab.Lampung Tengah Jamaludin mengatakan, dalam rangka untuk mengentaskan kemiskinan maka perlu optimalisasi pengelolaan zakat untuk kemakmuran Umat, Untuk itu, maka materi yang perlu disosialisasikan  terdiri dari landasan syariah dalam berzakat, “Salah satu produk BAZNAS yaitu Zakat Penghasilan, kemudahan. Berzakat melalui BAZNAS, mekanisme pemotongan zakat pegawai. Selain itu wawasan tentang zakat pendapatan atau profesi, layanan muzaki yang dimiliki BAZNAS serta persyaratan registrasi muzaki pegawai, dan  yang tidak kalah penting adalah  manfaat zakat melalui UPZ,”ujar Jamaludin.

Dikatakan, Zakat melalui BAZNAS memiliki berbagai manfaat, yaitu  sesuai dengan tuntunan syariah (Al-Qur’an dan Al-Hadits), siroh Nabawiyyah maupun sirah para sahabat dan tabi’in,  legal dan sah karena sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.  “Disamping itu BAZNAS menjamin kepastian dan disiplin pembayar zakat, serta  menjamin kepastian, disiplin pembayar zakat dan menjaga perasaan rendah diri para mustahik zakat apabila berhadapan langsung untuk menerima zakat dari para muzakki,”tegasnya. Manfaat lainnya dari pembayaran zakat melalui Baznaz, dapat mencapai efisiensi dan efektivitas, serta sasaran yang tepat dalam penggunaan harta zakat menurut skala prioritas yang ada pada suatu tempat. “Serta manfaat yang terakhir yaitu BAZNAS memiliki alternatif pendanaan program pemberdayaan dan kepedulian sosial di lingkungan lembaga,”pungkasnya.

Usai pemaparan dari pemateri, acara dilanjutkan dengan Penyerahan secara simbolis surat pernyataan kesiapan sukarela menunaikan zakat kepada Kepala PUSKESMAS se-kabupaten Lampung Tengah,  

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten  Lampung Tengah diwakili  Sekretaris Dinas Hj.Damayanti, SKM.MM mengatakan, pihaknya menyambut baik dan siap sukarela menyalurkan zakat melalui BAZNAS.(Ato)  

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Lampung Tengah.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment