Yustin Ficardo. Tingkatkan Peran PKK Dalam Program Pembangunan.

Yustin Ficardo. Tingkatkan Peran PKK Dalam Program Pembangunan. Ketua TP.PKK Provinsi Lampung Yustin Ficardo, saat menghadiri penilaian lomba Kesrak-PKK-KB-Kesehatan di Kabupaten Lampung Timur..

BINTANGPOST : Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Yustin Ridho Ficardo meminta gerakan PKK untuk meningkatkan peran pada program pembangunan, khususnya dalam program Keluarga Berencana (KB) dan pembangunan dibidang kesehatan melalui program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).

Hal tersebut dikatakan Yustin, saat meninjau lomba Kesatuan Gerakan (Kesrak) PKK-KB-Kesehatan tingkat Kabupaten Lampung Timur tahun 2017, yang digelar di Lapangan Merdeka Desa Toto Harjo Kecamatan  Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur, Senin (27/11).

Yustin mengatakan, Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo sangat memperhatikan pembangunan Lampung Timur. Untuk itu, gerakan PKK Lampung Timur diharapkan dapat terus bersinergi dalam meningkatkan peran pada program-program pembangunan, khususnya program kesehatan dan keluarga berencana di Kabupaten ini.

"Pemprov Lampung terus berupaya memfasilitasi program-program pembangunan dikabupaten ini, khususnya pembangunan SDM dan program pertanian Lampung Timur. Untuk itu, melalui gerakan PKK kita harus ikut mendukung pembangunan di kabupaten ini, agar dapat segera terwujud," ujar Yustin. 

Yustin juga menyampaikan pujiannya kepada Kabupaten Lampung Timur, sebagai salah satu lumbung pertanian di Provinsi Lampung. Bahkan sebagai bentuk keseriusan tingkatkan pembangunan dikabupaten ini, Pemprov Lampung bersama Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi meresmikan BUMDes untuk meningkatkan kemampuan dan kemandirian masyarakat Lampung Timur.

"Selain itu, Gubernur juga terus berupaya untuk pembangunan dikabupaten Lampung Timur, dengan memberikan beasiswa bagi anak petani melalui Perhiptani. Dan Gubernur juga berencana membangun SMK Pertanian dikabupaten ini, agar dapat menjadi motivasi dan semangat bagi Lampung Timur dalam melaksanakan pembangunan secara berkala," terangnya.


Sementara itu, Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim mengungkapkan bahwa, aktifitas Germas dikabupaten Lampung Timur paling banyak dilakukan. Dan dengan adanya lomba ini, dia mengharapkan dapat meningkatkan peran wanita dalam kesetaraan gender, sehingga fokus pada kegiatan meringankan beban keluarga prasejahtera dan keluarga sejahtera I dalam pelayanan KB dan kesehatan.

"Lomba kali ini sangat istimewa, karena Ibu Ketua TP PKK Provinsi Lampung bisa langsung hadir. Karena selain membina kader dasawisma dan Posyandu sebagai upaya pengentasan kemiskinan, kegiatan ini merupakan terobosan yang sangat baik, karena sepenuhnya dilaksanakan oleh kader secara sukarela dan mandiri," ungkap Nunik.

Dia berharap, tim penilai lomba agar memberikan penilaian dan penghargaan yang layak untuk kerja tanpa pamrih para kader di Desa Totoharjo ini. Dan mengharapkan kepada tim penilai, memilih dan menetapkan desa tersebut sebagai juara.

"Saya ucapkan selamat datang dan terima kasih kepada tim penilai yang sudah hadir di Desa Totoharjo ini. Saya berharap, tim penilai dapat memberikan penilaian yang baik dan layak atas kerja keras kader dalam menyiapkan perlombaan ini. Dan tentunya, tidaklah berlebihan bila kami mengharapkan tim penilai, untuk dapat memilih dan menetapkan Desa Totoharjo sebagai juara pertama, sebagai penghargaan para kader, yang sudah bekerja tanpa pamrih dalam perlombaan ini," pungkasnya.

Dalam kunjungannya tersebut, Yustin sempat mengunjungi tempat pembuatan kue Keciput di UP2K Trisna Rasa Desa Taman Fajar, dan juga meninjau petani bibit tanaman di Desa Taman Endah, serta ikut menenun kain batik khas Lampung.

Yustin juga memberikan bantuan berupa paket perlengkapan bayi dan masak, serta bantuan timbangan bayi kepada Posyandu Lampung Timur dan buku sekolah kepada para pelajar. (Edw)


Admin

Reporter bintangsaburai.com region Lampung Timur.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment