Nanda Indira Dendi: 2023 Penurunan Stunting Jadi Fokus Utama Pemkab Pesawaran

Nanda Indira Dendi: 2023 Penurunan Stunting Jadi Fokus Utama Pemkab Pesawaran Foto. Red bintangpost.com.

Pesawaran (BP) : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran berkomitmen untuk menurunkan Stunting. Hal itu dilakukan sesuai program Pemerintah Pusat dalam rangka Penurunan Stunting di Kabupaten Pesawaran yang menjadi salah satu fokus pemerintah saat ini.

Ketua TP.PKK Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi mengatakan, upaya ini bertujuan agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal. Dengan disertai kemampuan emosional, sosial, dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi dan berkompetisi di tingkat global.

"Tahun 2017 bedasarkan pemantauan status gizi mengalami penurunan 35,20 persen, 2018 dari Rikerdas 27,49 persen  2019 dari E,ppgbm 13,14 persen 2020 dari SSGI 4,30 persen tahun 2021 dari E,ppgbm 17,60 persen dan tahun 2022 bedasarkan SSGi dan E,ppgbm 3,50 persen," ujar Nanda, saat menghadiri Rakor TPPS di Balai Desa Bogorejo, Selasa (10/1/2023).

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/7850/hadiri-pelantikan-ketua-gerindra-pesawaran-ini-kata-bupati-dendi

http://bintangpost.com/read/7815/nanda-indira-lantik-ketua-mabiran-dan-pengurus-kwaran-se-pesawaran

Dia juga menjelaskan, beberapa objek yang harus dijadikan focus adalah ibu hamil, ibu menyusui, balita, anak-anak usia Paud dan yang perlu perbaikan adalah gizi.

"Ini perlu menjadi perhatian kita bersama agar kita dapat mendapatkan hasil yang bisa menurunkan angka stunting, kerana Kabupaten Pesawaran berkomitmen masyarakat bebas dari stunting. Dan minta seluruh OPD dan camat yang ada di wilayahnya masing masing, agar selalu mendampingi kegiatan Spesifisik Stunting dangan cara pemberian tablet penambah darah dan pembinaan reproduksi remaja," tuturnya.


Dan juga, melakukan pendampingan pertumbuhan perkembangan balita, sehingga bisa menurunkan angka stunting di Kabupaten Pesawaran. Dan juga, berkordinasi dengan 256 tim pendamping PKK yang terdiri dari 768 kader baik dari bidan maupun kader institusi ke masyarakatan pedesaan, ucapnya.

Sementara itu, Asisten  Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Zuriadi menyampaikan, penurunan angka stunting ini salah satu program prioritas pemerintah pusat, di mana target penurunan stunting secara nasional tahun 2024 adalah sebesar 8%, dan ini harus dilaksanakan oleh Kabupaten Pesawaran sebagai system pencatatan laporan daerah.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini semakin memupuk serta menguatkan semangat sebagai tim penurunan stunting. Sehingga bisa menurunkan stunting di Kabupaten Pesawaran, dan bisa menghasilkan generasi muda yang sehat jasmani dan rohani," ungkapnya. (doy)







     

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pesawaran.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment