Kabupaten Pesawaran Terima Penghargaan IGA 2022

Kabupaten Pesawaran Terima Penghargaan IGA 2022 Foto. Ist bintangpost.com.

Jakarta (BP) : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran menerima penghargaan Kabupaten Sangat Inovatif dalam Penganugerahan Innovative Government Award (IGA) 2022 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Piagam penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona, di gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kantor Pusat Kemendagri, Jumat (23/12/2022).

Pemberian penghargaan IGA Award tersebut, dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M. Tito Karnavian, yang juga sekaligus memberikan piagam penghargaan kepada daerah yang kreatif dan inovatif, dalam menghadirkan peningkatan pelayanan publik, kesejahteraan masyarakat, dan daya saing daerah. 

Diketahui, pemberian penghargaan IGA 2022 ini setelah melalui proses panjang, hingga akhirnya diperoleh sejumlah daerah yang sangat inovatif dan terinovatif.

IGA merupakan kegiatan tahunan sebagai bentuk penilaian dan apresiasi pemerintah pusat terhadap semangat dan keberhasilan pemerintah daerah, dalam penyelengaraan pemerintahan daerah dengan cara-cara inovatif. 

Inovasi daerah yang dinilai adalah segala bentuk inovasi daerah, baik dalam bentuk inovasi tata kelola pemerintahan daerah, inovasi pelayanan publik, dan inovasi daerah lainnya sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/7765/pilkades-serentak-kabupaten-pesawaran-bupati-ajak-masyarakat-ciptakan-kedamaian

http://bintangpost.com/read/7758/bupati-dendi-masuk-nominator-anugerah-kebudayaan-pwi-di-ajang-hpn-2023

Pada kesempatan itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan, melalui penilaian dan penghargaan IGA ini diharapkan dapat mendorong dan memotivasi pemerintah daerah, untuk terus melakukan inovasi daerah dalam meningkatkan layanan publik, tata kelola pemerintahan, dan pembangunan di daerah.

Dan dengan penghargaan tersebut, Tito berharap dapat menjadi acuan bagi masyarakat dalam menilai kinerja para pemimpin, yakni kepala daerah.

"Masyarakat bisa melihat siapa pemimpin yang baik, yang bagus, dan siap memimpin. Bukan hanya bekerja rutin-rutin saja," tuturnya.

"Selamat kepada rekan-rekan yang mendapatkan award. Berkat kerja keras yang luar biasa, kami perlu hargai. Dan kemudian bagi yang belum beruntung mendapatkan penghargaan, kami harapkan acara ini juga dapat memotivasi," ungkapnya.

Dalam acara tersebut, diketahui Kemendagri memberikan penghargaan untuk sejumlah kategori, yakni kabupaten dan kota terinovatif, kategori daerah perbatasan terinovatif, kategori daerah tertinggal terinovatif, kategori provinsi terinovatif.

Sedangkan sebelumnya diketahui juga, pada tahun 2021 Kabupaten Pesawaran masuk dalam kategori inovatif. Dan untuk tahun 2022 ini, Kabupaten Pesawaran berhasil mengalami peningkatan menjadi Kabupaten yang Sangat Inovatif.

Sementara itu, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan bahwa, penghargaan ini merupakan hasil dari kerja keras semua jajaran di Pemkab Pesawaran, yang ingin menjadikan Kabupaten Pesawaran lebih maju dan sejahtera.

"Ini merupakan hadiah bagi masyarakat Kabupaten Pesawaran di penghujung tahun 2022, sebagai bukti kerja keras Pemerintah Kabupaten Pesawaran bersama masyarakat, untuk menjadikan lebih maju dan mandiri dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah disegala aspek. Guna terwujudnya kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pesawaran," ucap Dendi. (red)







    

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pesawaran.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment