Puluhan Karyawan Ikuti Donor Darah PTPN VII

Puluhan Karyawan Ikuti Donor Darah PTPN VII Foto. Dok bintangpost.com.

Bandarlampung (BP) : Sebanyak 67 karyawan PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) VII mengikuti kegiatan donor darah, yang digelar di Gedung Kolaboratif (GSG) Kantor Direksi Bandarlampung, Rabu (2/11/2022). 

Kegiatan sosial pada hari ini yang rutin digelar setiap tiga bulan sekali oleh PTPN VII tersebut, berhasil mendapatkan 57 kantong darah untuk keperluan medis melalui PMI Provinsi Lampung.

Aksi filantrofi kesehatan ini, dipimpin oleh dr. Meli dari PMI Cabang Lampung, dengan mengerahkan empat paramedis yang melayani karyawan PTPN VII yang bekerja di Kantor Direksi, Unit Kerja Wayberulu dan Unit Rejosari-Pematangkiwah.

"PTPN VII merupakan perusahaan yang paling proaktif untuk melakukan donor darah. Menurut saya, ini suatu prakarsa yang sangat baik. Karena secara medis, orang yang rutin donor akan cenderung lebih sehat. Dan sebelum donor, dilakukan pemeriksaan kesehatan, meskipun hanya pemeriksaan dasar," ujar dr. Meli.

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/7589/momen-sumpah-pemuda-fkppib-gelar-deklarasi-lingkar-milenial-satu-indonesia

http://bintangpost.com/read/7472/gelar-fgd-ptpn-vii-gandeng-bpkh-pastikan-hak-lahan

Selain faktor kesehatan, dia mengungkapkan, donor darah merupakan aksi sosial yang akan berpengaruh kepada kesehatan ruhaniah. Dengan menyumbangkan darahnya, seorang pendonor akan memberi harapan hidup kepada orang lain yang sedang tertimpa musibah kesehatan.

"Jadi, donor darah ini sangat baik untuk dibiasakan. Sebab dengan mendonorkan darahnya, tubuh seseorang akan terjadi regenerasi darah lama dengan pembentukan darah baru, dan juga menyehatkan tubuh secara fisik. Sedangkan secara mental spiritual, donor darah ini akan mempengaruhi kejiwaan seseorang, khususnya bagi orang yang sedang membutuhkan darah, tentunya akan sangat berterima kasih dengan sumbangan darah kita ini," ucapnya.


Meli juga memberikan apresiasi dengan antusiasme karyawan PTPN VII mengikuti donor darah tersebut. Menurut dia, antusiasme ini bisa menjadi indikator kesehatan fisik dan mental karyawan. Namun demikian, dia tidak bisa memastikan seberapa baik level kesehatan karyawan PPN VII secara keseluruhan.

"Kalau donor darah ini kan sifatnya sukarela. Jadi, siapa yang sempat dan merasa sehat, mereka ikut. Artinya, peserta donor bukan sampling profil kesehatan karyawan. Kebanyakan yang tidak ikut pasti karena sedang sibuk, atau karena memang digelar pada jam kerja. Saya yakin bukan karena tidak mau," tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PTPN VII Bambang Hartawan mengapresiasi panitia yang terus menjalin kerjasama dengan PMI untuk kegiatan donor darah. Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Unit-Unit Kerja PTPN VII di semua daerah, yang juga bersinergi dengan PMI untuk menggelar donor darah di Unitnya masing-masing. 

"Saya kira kita semua ingin mendonorkan darahnya. Selain sehat, donor darah juga sangat baik untuk kesehatan jiwa," ujarnya.

Bambang juga menambahkan, manajemen akan terus mendukung kegiatan yang resonansi manfaatnya luas seperti donor darah ini. 

"Kegiatan ini merupakan kepedulian PTPN VII terhadap sesama. Apalagi hingga saat ini kebutuhan darah untuk pasien rumah sakit di Bandar Lampung masih kurang. Jadi, akan kita dukung terus kegiatan ini," ungkapnya. (red/rls)





    

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Bandar Lampung.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment