Pemkab Pringsewu Berangkatkan 5 KK Transmigrasi Ke Luwu Timur

Pemkab Pringsewu Berangkatkan 5 KK Transmigrasi Ke Luwu Timur Foto. Gus bintangpost.com.

Pringsewu (BP) : Pemkab Pringsewu melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pringsewu mengirimkan 5 kepala keluarga (KK) dalam program transmigrasi.

Para transmigran asal Pringsewu ini, akan ditempatkan di Unit Permukiman Transmigrasi (UPT) SKPC SP 1 Koromalai, Desa Mahalona, Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan.

Pj. Bupati Pringsewu Adi Erlansyah yang melepas 5 KK transmigran ini mengatakan, program ini merupakan upaya pemerataan pembangunan serta menyejahterakan masyarakat. Khususnya bagi warga kurang mampu, agar nantinya tercapai peningkatan ekonomi yang lebih baik.

Adi mengungkapkan, sejak tahun 2011 hingga 2022, Pemkab Pringsewu secara terus menerus telah mengirim warganya bertransmigrasi ke sejumlah daerah. Diantaranya Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tenggara dan Kalimantan Utara, dan tahun ini ke Sulawesi Selatan.

"Kepada para calon transmigran, saya ucapkan selamat menjalani lembaran hidup baru. Saya yakin saudara-saudara merupakan SDM yang berkualitas, tangguh, tidak mudah menyerah serta memiliki semangat berjuang untuk maju," ujarnya.

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/7299/pjbupati-pringsewu-hadiri-rapat-paripurna-istimewa-mendengarkan-pidato-kenegaraan-presiden-ri

http://bintangpost.com/read/7300/pemkab-pringsewu-lakukan-penguatan-usaha-kesehatan-sekolah

Pj. Bupati juga berpesan kepada para calon transmigran, agar tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Sebab berbagai sarana dan prasarana berupa rumah dan pekarangan serta lahan usaha telah disiapkan oleh pemerintah. Tinggal bagaimana cara mengolahnya, sehingga tujuan mulia program transmigrasi ini dapat terwujud.

"Pesan saya, agar saudara-saudara semua dapat menyatu dengan kehidupan, adat istiadat dan masyarakat di sana. Sebagaimana kata pepatah 'di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung'. Dengan demikian, saudara-saudara dapat hidup dengan nyaman dan damai berdampingan dengan masyarakat asli di sana," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Pringsewu Johndrawadi menjelaskan, calon transmigran yang diberangkatkan menuju lokasi penempatan di Unit Permukiman Transmigrasi (UPT) SKPC SP 1 Koromalai ini terdiri dari 5 KK dengan jumlah sebanyak 22 jiwa, yang berasal dari Kecamatan Pringsewu 1 KK (7 jiwa), Kecamatan Ambarawa 1 KK (4 jiwa) dan Kecamatan Pardasuka sebanyak 3 KK (11 jiwa).

Dia juga menuturkan, masyarakat transmigran asal Kabupaten Pringsewu ini diharapkan dapat memperbaiki taraf hidupnya dan memiliki masa depan yang lebih baik di lahan yang baru nanti.

"Namun demikian, niat dan semangat untuk berjuang merubah hidup, tentunya menjadi modal utama ketika mengikuti program transmigrasi. Sehingga dengan penempatan transmigrasi ini, diharapkan kawasan tersebut dapat tumbuh dan berkembang sebagai pusat ekonomi baru, dan meningkatkan taraf hidup masyarakat," ungkapnya, didampingi fungsional Ahli Muda Analis Kebijakan Permukiman dan Pembinaan Transmigrasi pada DisnakerTrans Kabupaten Pringsewu Sutrisni. (Gus)






     

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment