Pringsewu Raih Opini WTP Ke-7 Kalinya Berturut-turut.

Pringsewu Raih Opini WTP Ke-7 Kalinya Berturut-turut. Foto : Anton/bintangpost.com.

Pringsewu, (BP) : Untuk ketujuh kalinya secara berturut-turut, Pemerintah Kabupaten Pringsewu mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Pringsewu. 

LHP LKPD Kabupaten Pringsewu tahun anggaran 2021 ini diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Lampung Andri Yogama kepada Bupati Pringsewu Sujadi dan Ketua DPRD Pringsewu Suherman di Kantor Perwakilan  BPK RI Provinsi Lampung di Bandar Lampung, Rabu (18/05/22). 

Turut menghadiri acara tersebut, Sekdakab Pringsewu Drs.Heri Iswahyudi, M.Ag., Inspektur Kabupaten Pringsewu Andi Purwanto, ST  dan Kepala BPKAD Pringsewu Arief Nugroho, SE, MP.

Berdasarkan pemantauan tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan dari BPK RI, Kabupaten Pringsewu menempati posisi pertama (99,78%), disusul posisi kedua Lampung Barat (93,21%), ketiga Tulangbawang (88,32%) dan keempat Pesisir Barat (77,25%).

Baca juga : 

Kepala Perwakilan BPK-RI Provinsi Lampung Andri Yogama mengatakan Laporan Pemeriksaan Keuangan merupakan bagian Tugas Konstitusional BPK. Disampaikan Andri, bahwa opini merupakan pernyataan profesional dari seorang pemeriksa mengenai kewajaran atas penyajian laporan keuangan, dan bukan merupakan kebenaran dari penyajian. 

"Dalam memberikan opini ini, ada empat hal yang menjadi dasar penilaian, yaitu terkait Kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), Efektivitas Sistem Pengendalian Intern (SPI), Kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan, dan Kecukupan pengungkapan", jelasnya.

Secara terpisah, saat dimintai tanggapannya terkait diraihnya opini WTP untuk ketujuh kalinya, Bupati Pringsewu Sujadi mengucapkan  terimakasih kepada seluruh jajaran pemerintah daerah dan DPRD yang selama ini telah melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Dirinya berharap kedepan prestasi tersebut dapat terus dipertahankan dan bahkan diperbaiki, karena hal itu menjadi bagian dari tanggung jawab kepada masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraan. "Kepada seluruh masyarakat diharapkan dapat terus bersama-sama mengawasi hasil pembangunan yang merupakan hasil kerja kita semuanya", harapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Pringsewu Suherman mengaku senang dan bangga Kabupaten Pringsewu mendapatkan WTP yang ketujuh kalinya di akhir masa jabatan  Bupati Sujadi dan Wakil Bupati Fauzi. "Keberhasilan ini merupakan hasil kerja bersama, meskipun masih banyak yang harus ditindak lanjuti dan diperbaiki", ujarnya.(Anton) 

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment