Bupati Parosil Buka Musrenbang Tingkat Kecamatan Sumber Jaya

Bupati Parosil Buka Musrenbang Tingkat Kecamatan Sumber Jaya Foto. Herwanto bintangpost.com.

Lampungbarat (BP) : Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Lampung Barat (Lambar) tahun 2023. Kecamatan Sumber Jaya Kabupaten Lambar menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2022.

Kegiatan yang dibuka Bupati Lambar, Parosil Mabsus ini, dihadiri oleh anggota DPRD Lampung Barat, Erwan, Ketua TP-PKK Lambar, Partinia Parosil Mabsus, Assisten, Staf Ahli, dan jajaran Kepala OPD Pemka  setempat. Digelar di Pekon Way Petai Kecamatan Sumber Jaya, Kabupaten Lambar, Kamis (3/2/2022).

Diketahui, pada kesempatan tersebut, secara simbolis Bupati Parosil menyerahkan dana desa (DD) kepada lima pekon yang ada di Kecamatan Sumber Jaya. Diantaranya, Pekon Suka Pura, Way Petai, Suka Jaya, Sindang Pagar dan Simpang Sari.


Selain itu, penyerahan biaya penyelenggaraan Pendidikan Merata (PM) dan sarana prasarana pendidikan, bantuan bibit tanaman buah, bantuan alat perkebunan, bantuan bibit benih ikan, serta sertifikat hak atas tanah untuk Pekon Tugu Sari dan Pekon Way Petai.

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/6000/bupati-lampung-barat-minta-asn-loyal-dan-tanggap

http://bintangpost.com/read/5916/wabup-lambar-terima-kunjungan-walikota-metro

Dalam sambutannya, Bupati Lambar, Parosil Mabsus mengatakan, hari ini merupakan awal pelaksanaan Musrenbang Kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Barat yang diawali dari Kecamatan Sumber Jaya.

Dan Musrenbang tingkat kecamatan tahun ini, kata Bupati, dilakukan secara bergilir dari satu pekon ke pekon lain yang bertujuan untuk bersilaturrahmi. Serta menginginkan, dengan adanya DPRD dan Kepala Dinas yang hadir, apa yang menjadi persoalan di Kecamatan dapat terselesaikan.

"Musrenbang sebuah tahapan atau mekanisme dalam menjaring aspirasi. Ini merupakan momentum penting, karena di sinilah kita dapat duduk bersama untuk membahas, merencanakan suatu program kegiatan yang menjadi kebutuhan masyarakat, dalam rangka meningkatkan kemajuan daerah, menuju Lampung Barat Hebat dan Sejahtera," ujarnya.

Di tahun 2022 ini, lanjut Bupati, merupakan tahun kelima dalam roda pembangunan dan pemerintahan di Lampung Barat. Untuk itu dirinya meminta, kepada camat, para peratin dan perangkat pekon, LHP, serta kepada masyarakat untuk, selalu memprioritaskan usulan kegiatan yang memiliki manfaat bagi pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.

Lalu, peningkatan produksi dan produktivitas, serta memperlancar keterjangkauan pusat-pusat pelayanan ekonomi dan sosial antara pekon dengan ibukota kecamatan. Dan memprioritaskan kecamatan yang masih memiliki pekon dengan status pekon tertinggal atau kurang berkembang.

"Dan yang terpenting, alokasi dana pekon yang di optimalkan dalam mendukung kemajuan pekon serta kelurahan. Mensukseskan pelaksanaan kegiatan pembangunan yang ada di wilayahnya baik yang bersumber pada dana pekon maupun APBD kabupaten, agar dapat diselesaikan tepat waktu, berkualitas, tepat sasaran dan bermanfaat," ucapnya.

Serta terus berinovasi dalam memajukan pekon dan kecamatan. Dengan mengoptimalkan potensi sumberdaya lokal, guna peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan potensi daerah masing-masing, timpalnya. 

Usai membuka Musrenbang tingkat Kecamatan Sumber Jaya tersebut, Bupati Parosil beserta rombongan meninjau pameran produk unggulan UP2K, KWT, Gapoktan, UMKM, Gerai Vaksin dan Klinik Pelayanan Kesehatan Hewan. [her]







Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Lampung Barat.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment