Kunjungi Ponpes Minhadlul Ulum Pesawaran, Kapolda Sampaikan Pentingnya Kemandirian Ponpes

Kunjungi Ponpes Minhadlul Ulum Pesawaran, Kapolda Sampaikan Pentingnya Kemandirian Ponpes Foto bersama Kapolda Lampung Irjen Pol. Suntana, bersama santri dan pengurus Ponpes Minhadlul Ulum Tegineneng Pesawaran.

BINTANGPOST : Kapolda Lampung Irjen Pol. Suntana mengunjungi pondok pesantren (Ponpes) Minhadlul Ulum Desa Trimulyo Kecamatan Tegineneng kabupaten Pesawaran, dalam rangka menghadiri acara Haul 40 hari wafatnya KH. M. Saifuddin Fathoni pendiri pondok pesantren tersebut, Selasa (6/2/2018) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Lampung menyampaikan beberapa materi tentang pentingnya kemandirian pondok pesantren (Ponpes). Karena katanya, Ponpes merupakan sebagai salah satu cikal bakal berdirinya NKRI, dan munculnya pejuang bangsa yang memiliki semangat nasionalis dan patriotis yang sangat tinggi. 

"Saat ini perkembangan Ponpes di Indonesia semakin pesat, dan dibalik perkembangan pondok pesantren banyak lahir tokoh-tokoh penting yang memainkan peranan penting dalam khazanah intelektual Islam, dan bahkan berkontribusi membawa kemerdekaan bagi bangsa Indonesia," ujar Irjen Pol. Suntana.

Kapolda juga berpesan kepada seluruh pengurus dan santri Ponpes Minhadlul Ulum agar tetap sabar dan selalu kompak, meskipun saat ini KH. M. Saifuddin Fathoni telah tiada.

Dan sebagai bentuk perhatian dan untuk menghibur para santri di Ponpes tersebut, Kapolda juga memberikan beberapa pertanyaan kuis tentang nasionalisme, pengetahuan umum, serta tentang agama dan ayat-ayat suci Al-Quran. Dan bagi para santri yang berhasil menjawab, Kapolda memberikan hadiah uang saku.

Selain itu, dalam sela-sela kunjungannya Kapolda Lampung juga menyempatkan diri mengelilingi pondok pesantren Minhadlul Ulum, dan berjanji dalam waktu dekat akan kembali datang ke pondok pesantren tersebut.


Sementara itu, Amin Udin pengasuh Ponpes Minhadlul Ulum kepada bintangpost.com menyampaikan bahwa, pihaknya mengucapkan rasa terima kasih atas kehadiran Kapolda Lampung bapak Irjen Pol. Suntana ke pondok pesantren tersebut.

"Saya mewakili Ponpes Minhadlul Ulum mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak Kapolda ke Ponpes ini. Karena setelah dilantik sebagai Kapolda, ini pertama kalinya Kapolda berkunjung ke pondok pesantren Minhadlul Ulum. Dan mudah-mudahan, atas perhatian bapak Kapolda, mendapatkan keberkahan dan kemuliaan, dan juga bapak tetap bertahan sebagai Kapolda Lampung hingga bapak pensiun," ucapnya, Kamis (8/2/2018).

Amin mengungkapkan, Ponpes Minhadlul Ulum saat ini memiliki santri sebanyak 220 orang, dan santri yang sekolah formal sebanyak 800 santri. Dengan jenjang pendidikan, mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Madrasah Iptidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) dan SMK, dengan jurusan akuntansi, teknik sepeda motor (TSM), serta teknik komputer dan jaringan (TKJ). 

Selain itu, tambahnya, untuk ketrampilan para Santri, pihaknya bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) perwakilan provinsi Lampung, dengan memberikan pembinaan dalam bidang konveksi dan pertanian. 

"Kita berharap, dengan seluruh kegiatan dan ketrampilan yang diberikan ini, kedepannya nanti para santri Ponpes Minhadlul Ulum memiliki ketrampilan yang cukup, selain dari pengetahuan agama yang didapat. Sehingga dapat menjadi modal santri, setelah lulus dari Ponpes ini kelak," ungkapnya. (Red)

Admin

Reporter bintangsaburai.com region Pesawaran.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment