Kepala Sekolah Harus Punya Kebijakan Desentralistik

Kepala Sekolah Harus Punya Kebijakan Desentralistik Foto:edward/bintangpost.

BINTANGPOST: Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi disegala bidang kehidupan masyarakat, turut membawa perubahan paradigma dalam bidang pendidikan. 

Bupati Waykanan Raden Adipati Surya pada Rembug  Pendidikan Musyawarah Kerja Kepalanya Sekolah (MKKS) SMP di Rantau Temiang Kec. Banjit, juga mengatakan Perubahan paradigma pendidikan diera sekarang mengharuskan adanya perubahan fungsi dan peran kepala sekolah. 

"Kepala sekolah tidak lagi hanya melakukan kebijakan-kebijakan yang bersifat sentralistik, tetapi juga bergerak kearah desentralistik dan manajemen partisipatif" terangnya Rabu (7/2/2018).

Menurut Bupati, Kepala sekolah tidak lagi bekerja secara individual yang cerdas tetapi juga harus bekerja secara team work yang cerdas.

Pergeseran fungsi dan peran kepala sekolah dalam mengelola sekolah mengharuskan adanya tuntutan kepala sekolah yang aktif, kreatif, dan inovatif. 

"Dengan kata lain, kepala sekolah dituntut harus proaktif dan mampu melakukan perubahan-perubahan mampu meningkatkan mutu pendidikan" lanjutnya lagi. 

Tuntutan ini tegas  Adipati,  merupakan implikasi dari penerapan konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan MKKS merupakan suatu wadah asosiasi atau perkumpulan kepala sekolah, berfungsi sebagai sarana untuk saling berkomunikasi, belajar, bertukar pikiran dan pengalaman antar kepala sekolah, dalam rangka peningkatan kinerja kepala sekolah sebagai ujung tombak terjadinya perubahan di sekolah.(edw-aap).

Admin

Reporter bintangsaburai.com region Waykanan.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment