Program Gerbang Ikan Desa Kabupaten Pringsewu

Program Gerbang Ikan Desa Kabupaten Pringsewu Foto. Gus bintangpost.com.

PRINGSEWU-BINTANGPOST : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pringsewu melalui Dinas Perikanan setempat, akan menjalankan program Gerakan Membangun Perikanan (Gerbang Ikan) Desa.

Progam tersebut dijalankan sebagai salah satu langkah upaya pemerintah setempat, dalam mengatasi isu-isu strategis di Kabupaten Pringsewu, khuausnya tentang permasalahan di bidang perikanan. Diantaranya, konsumsi ikan dan produksi ikan yang masih rendah.

Kepala Dinas Perikanan Pringsewu Debi Hardian mengatakan program tersebut merupakan program yang tercetus setelah dilakukannya Focus Discusison Grub (FGD) dengan stakhaloder terkait. Dalam pembahasan 6 isu strategis di kabupaten setempat.

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/5153/latsar-cpns-pemkab-pringsewu-golongan-iii-angkatan-vii-resmi-ditutup

http://bintangpost.com/read/5146/pringsewu-ikuti-penilaian-stbm-award-2021

http://bintangpost.com/read/5079/sosialisasi-rutilahu-kabupaten-pringsewu

"Kami berharap, program ini dapat mengatasi permasalahan perikanan yang ada di Kabupaten Pringsewu. Khususnya dalam mengatasi masalah produksi ikan dan konsumsi ikan di kabupaten ini yang masih rendah," ungkapnya kepada media ini, Jumat (17/9/2021).

Debi menerangkan, program ini adalah program yang berbasis masyarakat. Artinya, melibatkan keaktifan masyarakat, dengan pola pendampingan intensif dari pemerintah. Karena memang, di sektor perikanan ini harus menggunakan sistem bottom up, bukan top down. 

"Dalam pendampingannya kita akan berikan pengetahuan kepada masyarakat. Seperti dengan pemanfaatan IT, dan integrasi bisnis perikanan dari hulu sampai hilir. Serta melibatkan steakholder terkait dalam pelaksanaannya nanti," terangnya.

Dia juga mengungkapkan, program ini adalah progam yang memiliki tujuan jangka panjang. Sehingga diharapkan kedepannya nanti, adanya ketersediaan infrastruktur perikanan yang cukup, sarana prasarana produksi yang murah, pangsa pasar yang luas, dan produksi dengan nilai jual tinggi. Serta kelembagaan yang kuat, pembangunan perikanan berkelanjutan dan berdaya saing, serta SDM yang kompeten.

Program Gerbang Ikan Desa ini, lanjut dia, nantinya juga diharapkan mampu mengajak masyarakat dan para stakeholder dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengawasi pembangunan di bidang perikanan, melalui pemberdayaan masyarakat desa.

"Sebagai langkah awal, program ini akan dijalankan di Pekon Lugusari Kecamatan Pagelaran. Dan kita berharap, program ini dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan harapan kita semua," pungkasnya. (Gus)


Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment