Pemkab Pringsewu Resmikan Program IPAL Komunal

Pemkab Pringsewu Resmikan Program IPAL Komunal Peresmian program IPAL Komunal Kabupaten Pringsewu.

BINTANGPOST :  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pringsewu menggelar peresmian dan serah terima bantuan kegiatan penugasan bidang Sanitasi Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2017, program Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal Provinsi Lampung.

Peresmian dan serah terima bantuan untuk tujuh Pekon dan satu Kelurahan dikabupaten tersebut, berlangsung di Pekon Panggungrejo Utara Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu, Selasa (23/1/2018).

Wakil Bupati Pringsewu H.Fauzi ang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, program IPAl Komunal ini merupakan program pendukung dari Open Deventiasion Free (ODF) Kabupaten Pringsewu.

H. Fauzi juga mengharapkan, program IPAL bidang Sanitasi yang sudah dibangun ini, agar dapat dipelihara, dijaga dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat.

"Saya berharap, masyarakat dapat menjaga dan memelihara penggunaannya dengan baik. Sehingga bantuan ini kedepannya dapat terus bisa bermanfaat dan terus dapat digunakan," imbuhnya.

Atas nama Pemerintah daerah Pringsewu, lanjut Fauzi, dirinya mengucapkan terima kasih sebesar besarnya atas bantuan ini. Khususnya kepada bapak Karno Wibowo dan Warsiatun, yang sudah mengikhlaskan lahannya untuk pembangunan program IPAL ini.

"Semoga pemberian hibah ini, menjadi ladang amal jariyah bagi sodara di akhirat kelak," tuturnya.

Sementara itu, Imam Santiko sekretaris dinas PUPR Kabupaten Pringsewu mengungkapkan bahwa, sumber dana pembangunan Bidang Sanitasi ini bersumber dari dana DAK 2017 sebesar Rp3 Milyar. Dan masing-masing Pekon dan kelurahan penerima bantuan ini sebesar Rp396 juta.

"Dengan bantuan ini, diharapkan seluruh masyarakat pekon yang mendapatkan bantuan ini, dapat memanfaatkan dengan baik. Dan menjaganya, agar pembangunan ini dapat terus dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat," ungkap Iman, yang mewakili kepala Dinas PUPR Raharjo, S.si.

Diketahui, bantuan program IPAL Komunal DAK tahun 2017 kegiatan Penugasan Bidang Sanitasi Provinsi Lampung tersebut, diberikan kepada tujuh pekon dan satu kelurahan di Kabupaten Pringsewu. Diantaranya, Pekon Sukoharum, Pekon Srikaton, Pekon Tunggul Pawenang Kecamatan Adiluwih.

Kemudian Pekon Kaputra, Pekon Panggung Rejo Utara, Pekon Sukoharjo 3, dan Pekon Sukoharjo 1 Kecamatan Sukoharjo. Serta Pekon Ambarawa Barat Kecamatan Ambarawa, Pekon Podosari Kecamatan Pringsewu, dan Kelurahan Pajaresuk Kecamatan Pringsewu.

Kegiatan tersebut, selain dihadiri oleh Wakil Bupati Pringsewu H. Fauzi, turut hadir pula Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas PUPR yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Imam Santiko.

Serta Camat Sukoharjo Drs. Joko Hermanto, Danramil 09 Sukoharjo Kapten. Yudi Nugroho, Kapolsek Sukoharjo AKP.Wahidin.AR yang diwakili Kasibimas Aiptu Jumbadio, dan jajaran aparatur pekon peneima bantuan. (Cikhan)

Admin

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment