Kelas Bahasa Isyarat Pertama di Pringsewu Dibuka

Kelas Bahasa Isyarat Pertama di Pringsewu Dibuka Foto. Anton bintangpost.com.

PRINGSEWU-BINTANGPOST : Kedai Kopi Isyarat Pringsewu bekerja sama dengan Gerakan Kesejahteraan Tuna Rungu Lampung, Indonesia Islamic Business Forum (IIBF), serta Perkumpulan Kesejahteraan Sosial membuka Kelas Bahasa Isyarat, Selasa (22/6/2021). 

Kelas yang baru untuk pertama kalinya diadakan di Kabupaten Pringsewu tersebut, dibuka untuk masyarakat, yang diberi kesempatan mempelajari bahasa isyarat. 

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi saat membuka Kelas Bahasa Isyarat tersebut di Kedai Kopi Isyarat Podomoro Pringsewu menuturkan, kelas ini sebagai upaya untuk menghasilkan kader penerjemah bahasa isyarat dan pendamping disabilitas di kabupaten setempat.

Wabup juga mengungkapkan bahwa dirinya menyambut baik dan bangga, sekaligus mendukung adanya Kelas Bahasa Isyarat tersebut.

"Bahasa isyarat merupakan bahasa yang mengutamakan komunikasi manual, bahasa tubuh serta gerak bibir, sebagai cara menyampaikan kata dan kalimat yang dilakukan dengan gerakan tangan dan ekspresi. Dengan kata lain, bahasa isyarat merupakan sistem linguistik yang tidak didasarkan pada sistem bahasa lisan, yang tidak semua orang mampu mengkomunikasikannya," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Wabup Pringsewu juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat yang hadir untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. 

Wabup juga mengungkapkan, bahwa pemerintah tidak melarang masyarakat berkegiatan di masa pandemi, namun mengatur agar kegiatan yang ada dilakukan secara terbatas dan harus disesuaikan serta wajib memperhatikan protokol kesehatan.

Pada kesempatan tersebut, dihadiri juga oleh Sutarno dari IIBF dan jajaran Dinas Sosial serta kru Kopi Isyarat. Dan juga, dilakukan prosesi minum vitamin bersama, sebagai bagian upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari paparan virus Covid-19. (anton)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment