Terima Ribuan Vaksin, Pemkab Pesawaran Siap Vaksinasi Serentak

Terima Ribuan Vaksin, Pemkab Pesawaran Siap Vaksinasi Serentak Foto. Red.

BINTANGPOST : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran menerima sebanyak 2640 dosis vaksin Covid -19 dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung. 

Kepala Instalasi Farmasi Provinsi Lampung Aris Aviantono, yang mengawal pengiriman vaksin tersebut mengatakan, jumlah tersebut merupakan pengiriman tahap pertama. Dengan prioritas vaksin yang akan diberikan kepada para tenaga kesehatan dan para pejabat forkopimda setempat.

"Teknis pengiriman yang dilakukan ini sesuai instruksi dari Kementerian kesehatan. Jadi pendistribusiannya, baik tahapan maupun jumlahnya sudah diatur dan ditentukan oleh Kementrian Kesehatan. Kewenangan kita hanya melaksanakannya saja," jelasnya.

Jumlah vaksin yang diterima tahap awal ini, masih terbatas. Jadi sementara ini di prioritaskan kepada para nakes dan pejabat Forkopimda dulu, sambungnya.

Sementara itu, terpisah, Sekdakab Pesawaran Kesuma Dewangsa menjelaskan, pihaknya segera melakukan kordinasi dengan stakeholder terkait penerapan vaksinasi di Kabupaten Pesawaran. 

Menurut dia, Pemkab Pesawaran sudah mengadakan rapat prihal pelaksanaan vaksinasi tersebut. Dan dalam waktu dekat ini akan melaksanakan vaksinasi serentak.

"Berdasarkan rapat, jadwal pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara serentak di Pesawaran rencananya pada Selasa 26 Januari 2021 mendatang. Dan pada pelaksanaan vaksinasi nanti, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona dijadwalkan akan mendapatkan vaksin pertama kali di RSUD Pesawaran.

"Rencananya nanti Pak Bupati bersama jajaran Forkopimda akan menjadi orang pertama yang disuntik vaksin, selanjutnya disusul tenaga kesehatan. Sementara untuk jajaran Forkopimda yang akan mendampingi pak Bupati untuk disuntik vaksin, akan kita seleksi. Seperti harus dalam kondisi prima dan tidak memiliki penyakit penyerta," ungkapnya.

Kesuma juga mengungkapkan, hari ini (Jumat, 22/1/2021), proses pendistribusian vaksin Covid-19 telah dilakukan, mulai dari Puskemas terdekat seperti Puskemas Gedong Tataan dan Bernung. Dan di targetkan pada hari Senin (25 Januari 2021) nanti, pendistribusian vaksin ini sudah selesai, timpalnya.

Diketahui, Kabupaten Pesawaran telah mendapatkan distribusi Vaksin Covid-19 dari Pemprov Lampung, diantaranya 2.640 dosis vaksin, ADS 0,5 ml 2.640 pieces, safety boks 50 buah dan alkohol Swab 2700 lembar. (red)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pesawaran.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment