Pemkab Mesuji Sosialisasikan Gemarikan.

Pemkab Mesuji Sosialisasikan Gemarikan. Foto : Humas Pemkab Mesuji.

BINTANGPOST : Pemerintah Kabupaten Mesuji melalui Dinas Kelautan dan Perikanan  gencar melakukan sosialisasi program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) ke sekolah-sekolah guna mendongkrak konsumsi ikan di wilayah Kabupaten Mesuji.
Dijelaskan Kabid Bina Usaha Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mesuji Andre Al Rendra, dirinya bersama jajaran melaksanakan kegiatan Gemarikan di sekolah-sekolah untuk membudayakan makan ikan sejak dini. Dikatakan pihaknya melalui kegiatan Gemarikan ini sudah melakukan sosialisasi pada tujuh sekolah di tujuh kecamatan dan sudah mencapai target sekitar 2.000 anak sekolah. 
Acara Gemarikan dikemas dengan berbagai kegiatan, antara lain makan ikan bersama dengan berbagai olahan makanan ikan, menyanyi dan tarian kampanye makan ikan, dan kuis berhadiah. "Peningkatan konsumsi ikan ini menjadi penting karena kandungan gizi asam lemak omega 3, vitamin, dan berbagai mineral pada ikan mampu mengatasi masalah hambatan pertumbuhan (stunting). Meskipun Kabupaten Mesuji merupakan wilayah konsumsi ikan tertinggi di Lampung, tapi belum merata konsumsinya, hanya terpusat di wilayah desa-desa dekat perairan,” kata Andre.
Sementara itu Plt Bupati Mesuji Saply mengatakan, ketersediaan makanan bergizi erat kaitannya dengan tersedianya sumber daya manusia berdaya saing. Menurutnya, kecerdasan, kesehatan, dan keterampilan merupakan tiga indikator utama yang digunakan untuk mengukur sumber daya manusia yang berdaya saing. Terbangunnya kecerdasan dan kesehatan, serta keterampilan itu tentunya sangat berkaitan dengan asupan gizi yang diterima oleh tubuh manusia sejak dalam kandungan. Untuk itu, dia mengajak seluruh elemen masyarakat berperan serta dalam mendorong peningkatan konsumsi ikan guna pemenuhan gizi. Perbaikan gizi melalui konsumsi ikan akan berdampak langsung kepada perbaikan kualitas sumber daya manusia dan sekaligus peningkatan ekonomi para pihak yang terlibat, terlebih menurutnya wilayah Kabupaten Mesuji yang dianugerahi sumber daya alam sungai memiliki potensi hasil perikanan yang tinggi. "Mari bersama kita tingkatkan konsumsi ikan mulai dari keluarga, mengingat manfaat ikan yang memiliki komposisi nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, kecerdasan, dan pertumbuhan,” ajak Saply.(Mihsan)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Mesuji.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment