Pemkab Pesawaran Gelar Penyuluhan Martabat Bahasa Negara

Pemkab Pesawaran Gelar Penyuluhan Martabat Bahasa Negara Foto. Red.

BINTANGPOST : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran menggelar penyuluhan dan pemartabatan bahasa negara di ruang publik.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memberikan informasi tentang pemakaian bahasa di ruang ruang publik ini, digelar di aula pemkab setempat, Kamis (3/9/2019).

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona melalui Asisten III Bidang Administrasi Umum Silahuddin menyampaikan, pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang Bahasa Indonesia dan dapat menjaga mutu bahasa di tempat-tempat umum.

Sebab, kata dia, penggunaan bahasa di ruang publik merupakan cerminan sikap atas kompetensi penggunanya. Oleh karena itu, diperlukan sikap positif, yaitu sikap tertib berbahasa agar penggunaan bahasa di ruang publik sesuai dengan ketentuan hukum dan kaidah kebahasaan.

"Hal ini untuk mengendalikan bahasa asing guna menguatkan bahasa negara di ruang publik. Pemerintah pusat dan daerah perlu menjalin kerja sama, guna menciptakan ketertiban berbahasa. Karena pelemahan bahasa negara, cenderung terjadi seiring dengan penguatan bahasa asing, terutama bahasa inggris di ruang publik," ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, penguatan bahasa asing disebabkan oleh kenyataan arus informasi dan komunikasi global yang makin deras bersamaan, dengan mobilitas penduduk antar negara yang makin intens.

"Maka dari itu, melalui pelatihan ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang Bahasa Indonesia dan dapat menjaga mutu bahasa di tempat-tempat umum," pungkasnya. (Red)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pesawaran.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment