Sukoharjo IV Wakili Pringsewu Lomba BUMDes Tingkat Provinsi Lampung

Sukoharjo IV Wakili Pringsewu Lomba BUMDes Tingkat Provinsi Lampung Foto. Cikhan.

BINTANGPOST : Tim Penilai Lomba BUMDes tingkat Provinsi Lampung mengunjungi Pekon Sukoharjo IV kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu, Kamis (25/5/2019).

Kunjungan dalam rangka penilaian lomba BUMDes Pekon Sukohatjo IV tersebut, dipusatkan di halaman Kantor BUMDes Sumber Waras pekon setempat.

Hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Drs. Budiman PM, didampingi Kadis Perpustakaan Kabupaten Pringsewu, dan Zanuar selaku Inspektur pada Ispektorat Kabupaten Pringsewu.

Dalam sambutannya, Sekdakab Pringsewu Budiman menyampaikan selamat datang kepada tim penilai lomba BUMDes Provinsi Lampung di Pekon Sukoharjo IV.

Dalam kesempatan tersebut, Budiman juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah, baik pemerintah provinsi Lampung maupun pusat. Karena dengan adanya dana desa yang digulirkan, dapat memberikan kontribusi yang besar untuk pembangunan desa atau pekon.

"Saat ini, Pekon Sukoharjo IV termasuk pekon yang bisa dikatakan berhasil dalam pengelolaan BUMDes dikabupaten Pringsewu. Dan dengan adanya BUMDes di pekon ini, bisa membantu  dan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.


Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba BUMDes tingkat Provinsi Lampung tahun 2019 Sulasih   menjelaskan. Ada 12 indikator yang masing-masing perolehan nilainya akan dijumlahkan menjadi skor akhir.

Sulasih juga menjelaskan, kriteria dalam penilaian lomba ini meliputi diantaranya, dokumen pendirian BUMDes, jumlah unit usaha, struktur organisasi, penyertaan modal, kontribusi, dan mitra BUMDes.

"Selain itu, ada beberapa indikator yang akan menjadi penilaian kami. Yang nantinya, keseluruhan nilai akan di akumulasikan," terangnya.

Sedangkan menurut Kepala Pekon Sukoharjo IV Sukartono mengungkapkan, berdirinya BUMDes pekon Sukoharjo IV ini dengan menggubakan dana desa. Dengan modal awal sebesar Rp20.000.000.

Dan Alhamdulillah, lanjut dia, saat ini BUMDes Sumber Waras sudah memiliki Gedung Sendiri, dan memiliki produksi usaha seperti Air Minum Tirta Waras, pangkalan LPG, dan warung sembako.  

"Dalam kesempatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah. Karena dengan adanya BUMDes ini, diharapkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Pekon Sukoharjo IV bisa lebih meningkat," ungkapnya. (Cikhan)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment