Desa Waykunyir Terus Berbenah Dalam Pembangunan Insfrastruktur.

Desa Waykunyir Terus Berbenah Dalam Pembangunan Insfrastruktur. foto : cikhan/bintangpost.

BINTANGPOST : Pemerintah Pekon Way Kunyir Kecamatan Pagelaran Utara Kabupaten Pringsewu ,  terus berbenah dalam membangun dan memajukan daerahnya. Hal tersebut dapat dilihat dari segi pemerataan pembangunan infrastruktur yang  hampir  merata, tahap demi tahap di setiap lingkungan,

Menurut Kepala Pekon Way Kunir Suparman, upaya pemerataan tersebut dilakukan, agar tidak adanya kecemburuan sosial terkait pembangunan yang ada. “Dengan adanya program pembangunan infrastruktur Desa Waykunyir,  kesemuanya itu tak terlepas dari Pemanfaatan Anggaran Dana Desa (ADD) maupun Anggaran Dana Pekon (ADP) 2018 tahap 1 dan 2, yang diberikan pemerintah pusat melalui Pemerintah kabupaten Pringsewu,”ungkapnya. .

Dikatakan Suparman, jajaran pemerintah Desa Way Kunir melalui Program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) 2018, mengalokasikan 2 titik pembangunan Insfrastruktur yaitu, Onderlag sepanjang 2000 Meter terletak di Dusun 3 dan Dusun 4, Dreinase sepanjang 1.150 meter terletak di dusun 1, Dusun 2, dan di Dusun 3. Pekerjaan tersebut, tak terlepas dari peran aktif Masyarakat yang ikut mendukung serta mengawasi disetiap pembangunan Dana Desa. “ Hal ini merupakan upaya partisipasi masyarakat yang terus mendukung serta mengawasi agar pelaksanaan pembangunan merata tepat sasaran, serta tidak menyimpang ataupun mubazir dari pruntukan ataupun penggunaannya, sehingga pembangunan di Desa Way Kunyir betul-betul dapat menunjang perekonomian Warga, mengingat penduduk setempat didominasi oleh para  petani baik itu petani sawah dan perkebunan, hingga Warga sangat membutuhkan akses jalan memadai, demi kelancaran perekonomian masyarakat”

Dengan selalu di berlakukannya Program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) Way Kunyir, lanjutnya, ini merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal yang bersifat produktif, dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk memberikan tambahan upah/pendapatan, meningkatkan daya beli, mengurangi kemiskinan, dan sekaligus mendukung penurunan angka stunting. Ini adalah program arahan langsung dari presiden, yang wajib dilaksanakan untuk seluruh desa.

Suparman menambahkan, selain insfrastruktur, di tahun 2018 ini, untuk kebutuhan lampu penerangan jalan dan gang, pihaknya  telah membagikan sebanyak 175 tiang mini berikut lampu, kesemuanya itu sudah merata, dibagikan kepada warga secara cuma-cuma, geratis tanpa adanya  pengecualian."Tutupnya.(Cikhan)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment