Pemkab Tanggamus dan Bank Lampung Gelar MoU Aplikasi Online

Pemkab Tanggamus dan Bank Lampung Gelar MoU Aplikasi Online Penandatanganan kerjasama (MoU) antara Pemkab Tanggamus dan Bank Lampung.

BINTANGPOST : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangggamus jalin kerjasama MoU (Momerendum of Understanding) dengan Bank Lampung terkait penggunaan aplikasi online.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Bupati Tanggamus Dewi Handajani dengan Direktur Bank Lampung Eria Desomsoni, yang berlangsung di ruang rapat Bupati Tanggamus.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Tanggamus Dewi Handajani menyampaikan, kerjasama tersebut untuk mewujudkan tata kelola keuangan daerah yang baik, akuntabel dan Good governance. Yang berpedoman pada peraturan pemerintah nomor 58 tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan daerah.

"Ini adalah salah satu upaya untuk melakukan percepatan implementasi transaksi non tunai, berdasarkan surat edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 910/1867/SJ tanggal 17 April 2017 tentang Implementasi Transaksi Non Tunai yang harus segera dilaksanakan," ujarnya.

Dewi mengungkapkan, menanggapi surat edaran Mendagri tersebut, per tanggal 1 Januari 2018 lalu Pemkab Tanggamus sudah melaksanakan sistem pembayaran Non Tunai terhadap gaji pegawai, dan tambahan penghasilan berdasarkan beban kerja, pembayaran honor pegawai.

"Kita berharap, penandatangan kerjasama dengan Bank Lampung perihal pengunaan Aplikasi Online ini, mempermudah proses pengeluaran keuangan. sehingga pelayanan publik tentang pengelolaan keuangan dikabupaten ini dapat dikelola secara transparan dan akuntabel," ucapnya.


Sementara itu, Direktur Bank Lampung Eria Desomsoni menjelaskan, aplikasi online ini sesuai amanat dari Kemendagri pada bulan Januari 2017. 

Dan tidak hanya itu, lanjut dia, Bank Lampung juga di survisi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang meminta Bank Lampung untuk melakukan governance terhadap keuangan-keuangan daerah yang ada. 

"Aplikasi online ini salah satunya, yang bersifat akuntabilitas sesuai kebutuhan terkait dengan pengeluaran daerah, khususnya untuk para ASN. Untuk lebih mempermudah dalam pengawasan, serta menjaga adanya unsur-unsur kebocoran daerah untuk segera diatasi," jelasnya. 

Diketahui, turut Hadir dalam penandatanganan MoU tersebut, Wakil Bupati Tanggamus, AM Syafi'i, Sekretaris Daerah Tanggamus Andi Wijaya, Staf Ahli Direksi Bank Lampung Dirwantoro, Kepala Divisi Komunikasi Perusahaan PT. Bank Lampung Ahmaf Jahri,  Pimpinan PT.  Bank Lampung Kota Agung Teuku Elfian. Beserta jajaran pemkab Tanggamus dan Bank Lampung. (Sis)


Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Tanggamus.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment