Peringati HUT PGRI Ke-72 Gubernur Lampung Bagi 26 Ribu Baju Batik.

Peringati HUT PGRI Ke-72 Gubernur Lampung Bagi 26 Ribu Baju Batik. Sekdaprov Sutono, membagikan secara simbolis baju batik kepada guru..

BINTANGPOST : Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo membagikan baju batik untuk 26 ribu guru SMA dan SMK se-Provinsi Lampung. Hal tersebut dilakukan, dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2017 dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia ke-72 tahun 2017. 

Pembagian baju batik tersebut, dlakukan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Lampung Sutono, yang mewakili Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo dilapangan Korpri Kantor Gubernur Lampung, Kamis (23/11). 

Sutono mengatakan, PGRI sebagai organisasi profesi, harus siap mentransformasi perubahan sebagai kekuatan moral intelektual. 

"PGRI juga harus terus mengajak dan mendorong seluruh pengurus dan anggota untuk selalu belajar serta mengakrabi teknologi. Pengurus dan anggota PGRI juga, harus terus mempelajari beragam sumber belajar sebagai pusat pengembangan diri, dan pengembangan pengetahuan dan keterampiian anak didik," ujar Sutono.

Sutono juga menyampaikan, sosok guru inspiratif adalah yang mengedepankan sikap teladan, bijak penuh welas asih. Memiliki disiplin diri yang kuat, mengedepankan kata-kata positif, dan tidak segan memberikan apresiasi atas hasil karya siswa, serta menghormati tanpa pilih kasih. 

"Guru adalah sosok yang menyatukan keberagaman, serta senantiasa ingin memberi dan tidak menyerah dengan beragam tantangan yang dihadapi. Itulah cerminan sikap sejati seorang pendidik," kata Sutono.

Dia menuturkan, perubahan pola pikir seorang guru, menjadi perhatian serius PGRI yang berkomitmen menjadikan guru sebagai motor penggerak perubahan. Untuk menuju bangsa yang maju dan berkepribadian Indonesia. 

Dia berharap, adanya perubahan pola pikir pengelola pendidikan di berbagai tingkatan dalam memperbaiki tata kelola pendidikan utamanya, adalah tata kelola guru yang baik dan benar. Berbagai persoalan pendidikan, kiranya dapat diurai melalui tata kelola guru yang jelas, sistematis, dan komprehensif.

"Saya sangat mengpresiasi seluruh guru sebagai tenaga pendidik, terutama bagi para guru honorer yang selama ini tiada kenal lelah mengisi kekosongan guru dengan mengajar sepenuh hati. Karena tanpa dedikasi mereka, dapat dibayangkan bagaimana proses pembelajaran yang berlangsung jika gurunya tidak ada. Jadi wajar, jika banyak pihak memberikan perhatian khusus terhadap kesejahteraan dan peningkatan kualitas mereka sebagai guru honor," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Sutono juga menyampaikan bahwa, Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo berkomitmen memajukan pendidikan. Gubernur memprioritaskan bidang pendidikan dengan mengalokasikan anggaran dari tahun 2016 sebesar 23 persen, dan pada tahun 2017 ini naik menjadi 37 persen.

"Hal itu di atas kewajiban yang sudah diatur dalam undang-undang, yang hanya mengalokasi anggaran sebesar 20 persen. Dan ini adalah bentuk perhatian gubernur untuk kesejahteraan guru, seperti yang sudah berjalan saat ini dengan memberikan sertifikasi guru menjadi profesional," tuturnya.

Pada kesempatan ini, saya mengucapkan selamat Hari Guru dan HUT PGRI ke-72 tahun 2017. Dengan momentum ini, mari kita bersama-sama memajukan dunia pendidikan, khususnya pendidikan di provinsi Lampung, pungkasnya. (Her)

Admin

Reporter bintangsaburai.com region Lampung.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment