Pemkab Pringsewu Gelar Gerakan Pangan Murah Serentak

Pemkab Pringsewu Gelar Gerakan Pangan Murah Serentak Foto. Ari bintangpost.com.

Pringsewu (BP) : Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia sekaligus untuk menstabilisasi pasokan dan harga bahan pangan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pringsewu melalui Dinas Ketahanan Pangan kabupaten setempat mengadakan Gerakan Pangan Murah serentak, Senin (16/10/2023).

Kegiatan tersebut berlangsung di Pendopo Kabupaten Pringsewu tersebut, dihadiri Pj.Bupati Pringsewu Adi Erlansyah, Kadis Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung Ir.Bani Ispriyanto, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Pringsewu Drs.Masykur, Kadis Ketahanan Pangan Pringsewu Hendrid, beserta sejumlah kepala OPD setempat.

Selain menggelar Gerakan Pangan Murah serentak, kegiatan tetsebut diisi juga dengan penyerahan bantuan sembako kepada masyarakat tidak mampu. 

Pada kesempatan itu, Pj. Bupati Pringsewu Adi Erlansyah dalam sambutannya mengharapkan, Gerakan Pangan Murah serentak ini bisa meningkatkan kesadaran stakeholders dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan.

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/8465/pringsewu-craft-2-sukses-digelar

http://bintangpost.com/read/8459/bpjph-kemenag-ri-beri-penghargaan-pemkab-pringsewu

Menurut Adi, jika berbicara ketahanan pangan, berarti tingkat produksinya harus terjamin dan tinggi, sehingga harganya bisa terjangkau. Jika tingkat produksinya tinggi dan harganya terjangkau, maka tujuan dan cita-cita dari ketahanan pangan bisa tercapai. 

"Saya tidak mau menyebut harga murah, tapi harga terjangkau. Kalau harga dimurahkan, kasihan para petani. Namun yang terpenting, harga pangan bisa dijangkau oleh masyarakat, dan petani juga mendapatkan keuntungan," kata dia. 

Apalagi saat ini di berbagai wilayah mengalami kekeringan sebagai dampak fenomena elnino, sehingga ketersediaan air menjadi permasalahan utama. Namun, kita patut bersyukur, di Kabupaten Pringsewu tingkat produksi padi selama ini masih cukup tinggi, ujarnya.

Sementara itu, Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Pringsewu Hendrid menjelaskan, Gerakan Pangan Murah Serentak ini diadakan di 411 titik di 260 Kabupaten/Kota di 8 provinsi. Sedangkan untuk di Provinsi Lampung, digelar di Kabupaten Pringsewu, Pesawaran, dan Lampung Tengah. 

"Sasaran Gerakan Pangan Murah ini adalah masyarakat umum, dengan penyedia pangan murah terdiri dari Perum Bulog, PT.Rajawali Nusantara Indonesia, PT.Domus Jaya, Pinsar Petelur Nasional serta pedagang cabai dan bawang Pasar Pringsewu," jelasnya. 

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/8467/jalan-selesai-dibangun-warga-pekon-siliwangi-pringsewu-gelar-tasyakuran

Dia berharap, Gerakan Pangan Murah Serentak ini bisa bermanfaat, dalam rangka menstabilisasi pasokan maupun harga pangan guna mendukung pengendalian inflasi di Kabupaten Pringsewu. Serta membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan bahan makanan pokok dengan harga terjangkau. 

Diketahui, acara pembukaan Gerakan Pangan Murah Serentak Nasional ini diadakan secara virtual, yang dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Kepala Badan Pangan Nasional RI Arief Prasetyo Adi serta sejumlah pejabat negara.

Dan dalam acara Gerakan Pangan Murah Serentak ini, mendapat sambutan dan antusias warga Pringsewu, dengan menyerbu berbagai stan yang menjual harga bahan pokok dengan harga lebih murah dari harga pasaran. Seperti beras, terigu, minyak goreng, gula pasir, telur, cabai dan bawang dan aneka kebutuhan lainnya. (ari)







    

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment