Sustainable Finance sebagai Pendekatan Sektor Jasa Keuangan Melalui Perbankan

Sustainable Finance sebagai Pendekatan Sektor Jasa Keuangan Melalui Perbankan CIMB Niaga (Foto.Net).

Bintangpost : Berbeda tetapi bukan mustahil disatukan. Ekonomi, sosial, dan lingkungan sejatinya adalah tiga bidang yang berbeda, karena memiliki karakteristik masing-masing. Ketiga bidang tersebut dapat disatukan dalam satu konsep yang diberi nama “Sustainable Finance” atau Keuangan Berkelanjutan.

Sustainable financing juga merupakan keuangan berkelanjutan yang melibatkan pengambilan keputusan investasi yang tidak hanya mempertimbangkan keuntungan finansial tetapi juga faktor lingkungan, sosial, dan tata kelola. Sering digunakan secara bergantian dengan “keuangan hijau”, atau adalah istilah luas dengan banyak definisi bergantung pada konteksnya.

Keuangan berkelanjutan biasa juga digambarkan sebagai sistem keuangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi sekaligus mengurangi tekanan terhadap lingkungan dan mempertimbangkan aspek sosial dan tata kelola perusahaan, seperti ketidaksetaraan, hak asasi manusia, struktur manajemen, dan remunerasi eksekutif.

Keuangan Berkelanjutan di Indonesia didefinisikan sebagai dukungan menyeluruh dari industri jasa keuangan untuk pertumbuhan berkelanjutan yang dihasilkan dari keselarasan antara kepentingan ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup. Salah satunya dengan inovasi-inovasi keuangan berkelanjutan dengan pendekatan dari sektor jasa keuangan melalui Perbankan. 

Secara konseptual, terdapat beberapa konsepsi tentang Keuangan Berkelanjutan ini, yakni Pertama, dukungan menyeluruh dari sektor jasa keuangan untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dengan menyelaraskan kepentingan ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup. Kedua, penyediaan pembiayaan untuk investasi yang mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola.

Lalu Ketiga, sistem keuangan yang memperhitungkan semua risiko dan imbal hasil dari keseimbangan sudut pandang keuangan, ekonomi, sosial, dan lingkungan yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan/sustainable development goals.

Oleh sebab itu, butuh upaya terkoordinasi antara sektor pemerintah, swasta dan masyarakat Indonesia, terutama kepada penanggung jawab pembuat kebijakan dan para investor untuk menghadapi tantangan tersebut.

Inovasi Perbankan Berkelanjutan.

Saat ini, banyak inovasi yang dilakukan oleh perusahaan Perbankan dalam menarik minat nasabah untuk berinvestasi. Dengan terus melakukan inovasi dan kolaborasi yang tiada henti, dan melakukan inisiatif-inisiatif yang diterapkan dalam menciptakan peluang baru untuk mengamankan pertumbuhan perusahaan di masa depan, agar dapat memberikan nilai tambah bagi pemangku kepentingan 

Seperti yang dilakukan oleh PT Bank CIMB Niaga Tbk atau CIMB Niaga yang terus melakukan inovasi dengan strategi pertumbuhan yang sustainable, premium profitability dan strategi manajemen risiko yang sukses terus mengikuti tren yang sedang berlangsung di teknologi digital, perilaku konsumen serta lingkungan bisnis. Dan langkah-langkah yanh dilakukan tersebut, berhasil menjadikan CIMB terus berada pada posisi yang solid di industri perbankan nasional.

Hal ini tak lepas dari tinjauan yang terus dilakukan CIMB secara efektif untuk memonitor indikator pendorong bisnis perusahaan, seperti indikator pencapaian bisnis, parameter risiko terutama risiko kredit dan risiko operasional, engagement dengan pelanggan, sosialisasi pengetahuan digital, dan keunggulan layanan. 

Perusahaan juga secara aktif terlibat dalam mengkaji hasil sejumlah survei tingkat layanan, termasuk kualitas layanan cabang (Branch Service Quality/BSQ) dan tingkat layanan kredit (SLA).

Seperti yang ada dalam Misi-nya, yaitu Menyediakan layanan perbankan universal di Indonesia secara terpadu sebagai perusahaan dengan kinerja unggul di kawasan ASEAN dan kawasan utama lainnya. Serta mendukung percepatan integrasi ASEAN dan menghubungkannya dengan kawasan lain

#SekarangUntukMasaDepan adalah komitmen PT Bank CIMB Niaga Tbk. kepada para pemangku kepentingan untuk menciptakan dampak positif tidak hanya dalam aspek ekonomi, namun juga lingkungan, sosial, dan tata kelola. Selain upaya bank untuk meningkatkan kinerja operasional yang berkelanjutan, maka bank ini juga menyediakan akses layanan keuangan berkelanjutan yang setara dan inklusif. 

Layanan keuangan berkelanjutan, merupakan salah satu solusi keberlanjutan bagi para pemangku kepetingan. Salah satunya yaitu CIMB Niaga mengadopsi strategi keberlanjutan ‘Forward23+’ 

Tata Kelola dan Risiko.

CIMB Niaga terus mengelola dan menyampaikan risiko keberlanjutan, termasuk menetapkan target dan tingkat toleransi, serta bagaimana mengatur dan beraktivitas untuk mendapatkan hasil terbaik. Pelibatan Pemangku Kepentingan dan Advokasi dengan memperjuangkan, terlibat, membangun kemampuan dan kapasitas, meningkatkan kesadaran dan mendorong partisipasi untuk keberlanjutan, baik secara internal maupun eksternal Pilar Keberlanjutan Bank.

Tindakan Berkelanjutan, dengan menanamkan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam semua kegiatan dan proses bisnis tersebut untuk mengurangi dampak negatif, seperti jejak karbon, dan dapat menghasilkan dampak positif dari setiap kegiatan.

Nasabah Usaha Berkelanjutan, CIMB mampu menghasilkan keuntungan dengan cara yang bertanggung jawab, menciptakan dampak positif melalui produk dan layanan yang disediakan, dan membantu serta mendukung pelanggan dan nasabah dalam perjalanan keberlanjutan masyarakat.

Pilar Utama Keberlanjutan Komitmen untuk menanamkan nilai keberlanjutan dalam strategi bisnis Bank berpusat pada lima pilar utama keberlanjutan. Yaitu Tindakan Berkelanjutan, Usaha Berkelanjutan (Bisnis Berkelanjutan), Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Perusahaan, Tata Kelola dan Risiko, serta Pelibatan Pemangku Kepentingan dan Advokasi.

Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, CIMB Niaga menggunakan sebagian dari keuntungan untuk meningkatkan dan berkontribusi pada dampak positif jangka panjang yang berkelanjutan untuk komunitas di sekitar CIMB Group. Dimana aspek keberlanjutan (sustainability) menjadi salah satu elemen penting. 

Strategi tersebut telah mengintegrasikan aspek mitigasi risiko lingkungan, ekonomi sosial, dan tata kelola (LEST). Dan melalui strategi tersebut, maka CIMB Niaga mampu memberikan dampak positif yang besar bagi pemangku kepentingan. 

Kejar Mimpi Goes To School.

Baru-baru ini, diketahui bahwa PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) kembali menunjukkan komitmennya, terutama dalam mendukung pendidikan di Indonesia melalui gerakan sosial “Kejar Mimpi Goes to School”. Kegiatan sukarelawan kali ini berlangsung di Madrasah Ibtidaiyah Islam Teladan, Palembang, Sumatera Selatan, yang berlangsung pada Kamis, 3 Agustus 2023 lalu, yang diisi dengan berbagai aktivitas kegiatan.

Dalam upaya ini, CIMB Niaga mengerahkan relawan dan berbagai bentuk dukungan untuk memberikan perbaikan dan inspirasi kepada para siswa serta sekolah di berbagai daerah. Para relawan, termasuk Chief of Network & Digital Banking CIMB Niaga, Budiman Tanjung dan jajarannya ikut hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Salah satu momen istimewa adalah ketika Brand Ambassador CIMB Niaga, Cut Mini, menghadirkan kisah-kisah inspiratif untuk memotivasi para siswa dalam mengejar impian mereka. Di sela-sela kegiatan siswa, bank ini juga menyelenggarakan Parenting Class yang memberikan panduan kepada orang tua, dipandu langsung oleh seorang psikolog.

Budiman Tanjung, Chief of Network & Digital Banking CIMB Niaga menjelaskan, bahwa tujuan dari program Kejar Mimpi Goes to School adalah untuk memberikan bantuan kepada sekolah-sekolah yang memerlukan pembaruan fasilitas pendidikan. Dengan upaya ini, diharapkan lingkungan belajar mengajar menjadi lebih kondusif, mendorong semangat belajar siswa, serta memotivasi mereka untuk mencapai prestasi yang lebih baik dalam berbagai kegiatan positif.

Menurut dia, Program CIMB Niaga ini sebelumnya telah dilaksanakan di 13 kota dengan lebih dari 1.600 siswa sebagai penerima manfaat. Dan melalui kegiatan ini, CIMB Niaga ingin ikut berkontribusi dalam menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi siswa-siswi sekolah. Dengan harapan, kedepan dapat meningkatkan semangat para siswa untuk mengejar mimpi-mimpinya menjadi nyata.

"Kejar Mimpi Goes To School adalah bagian dari gerakan Kejar Mimpi yang telah dicanangkan oleh CIMB Niaga sejak tahun 2017. Gerakan ini bertujuan untuk menyebarkan semangat positif dan motivasi kepada anak muda di Indonesia untuk terus mengejar impian mereka. Saat ini, gerakan Kejar Mimpi telah berkembang menjadi tiga segmen, yaitu anak muda, keluarga, dan bisnis," terangnya.

Kedepan, Budiman juga menerangkan, pihaknya akan terus memperluas jangkauan program Kejar Mimpi Goes To School ke sekolah-sekolah lain, sehingga lebih banyak sekolah dan siswa yang terbantu. Hal ini sejalan dengan komitmen CIMB Niaga untuk terus tumbuh berkembang dan memberikan manfaat yang luas untuk masyarakat Indonesia.

"Dengan langkah nyata ini, CIMB Niaga telah menunjukkan bahwa perusahaan tidak hanya berfokus pada perkembangan bisnis, tetapi juga berupaya untuk berkontribusi secara positif terhadap pendidikan dan masa depan generasi muda Indonesia," pungkasnya. (Dodi)






    

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Nasional.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment