Sakur, Sulap Tambang Pasir Jadi Tempat Wisata

Sakur, Sulap Tambang Pasir Jadi Tempat Wisata Foto: Dji/bintangpost.

BINTANGPOST : Kawasan Kecamatan Pasir Sakti sejak puluhan tahun silam dikenal sebagai sentra pertambangan pasir terbuka di daratan dan menciptakan kolam galian bahkan menjadi sebuah danau berukuran besar. Pasir yang ditambang tersebut sebagian dikirim ke Jakarta bahkan ke Singapura untuk proses reklamasi dan kebutuhan pembangunan lain.

Pasca larangan aktifitas penambangan oleh Pemerintah Provinsi Lampung, sejumlah bekas tambang atau galian pasir tersebut tidak dimanfaatkan dan hanya dipergunakan sebagai tempat memelihara ikan bahkan dibiarkan terlantar.

Kondisi tersebut akhirnya memberi ide bagi Sakur, (40) warga setempat yang mulai membuat dua gubuk di pinggir. Ide awalnya hanya untuk tempat istirahat dan hobinya memelihara ikan meski selanjutnya banyak warga yang datang ke lokasi miliknya sekedar untuk berfoto atau bersantai menikmati suasana bekas galian pasir.

“Gubuk terbuat dari bambu dengan atap ilalang dan daun gelagah air yang saya buat selanjutnya ditambah dalam jumlah banyak seiring dengan semakin banyaknya pengunjung hingga kini setiap pekan ramai dikunjungi wisatawan sekitar Labuhanratu hingga dari kabupaten lain,” terang Sakur, pemilik destinasi wisata yang dikenal dengan nama Riana Bebekan di Desa Labuhan Ratu Kecamatan Pasir Sakti Kabupaten Lampung Timur saat ditemui bintangpost.com, Sabtu  (13/01/18).

Riana Bebekan berjarak sekitar satu kilometer dari Jalan Lintas Timur membuat destinasi wisata tersebut dengan mudah diakses ditambah infrastruktur jalan yang memadai untuk kendaraan roda dua dan roda empat.

Pada awal tahun 2013 hingga tiga tahun berikutnya, Sakur mengungkapkan, lokasi tersebut belum dikenai tarif atau digratiskan termasuk untuk aktifitas memancing Menginjak tahun keempat tepatnya tahun 2016 ia mulai mengembangkan lokasi tersebut menjadi destinasi wisata.

Konsep wisata air yang terus dikembangkan juga didukung oleh sang adik Suwandra (32) yang kini membantunya mengelola lokasi Riana Bebekan yang mulai ditambah dengan sebanyak 24 gubuk bambu beratapkan ilalang dan gelagah air.

Gubuk gubuk tersebut dihubungkan dengan jalan setapak terbuat dari cor beton dan sebagai antisipasi pengunjung terjatuh pada bagian kanan dan kiri jalan disediakan fasilitas jaring dan beberapa fasilitas pelampung disediakan di lokasi tersebut.(Dji-aap)

Admin

Reporter bintangsaburai.com region Lampung Timur.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment