Operasi Ketupat 2024 Kabupaten Pringsewu, Angka Kecelakaan Menurun

Operasi Ketupat 2024 Kabupaten Pringsewu, Angka Kecelakaan Menurun Foto. Gus bintangpost.com.

Pringsewu (BP) : Selama pelaksanaan Operasi Ketupat Krakatau tahun 2024, tingkat kecelakaan lalu lintas di wilayah Kabupaten Pringsewu mengalami penurunan signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

Hal itu diungkapkan Kasat Lantas Polres Pringsewu, AKP Khoirul Bahri, Rabu (17/4/2024) siang.

AKP Khoirul Bahri juga mengungkapkan, selama 13 hari pelaksanaan Operasi Ketupat Krakatau 2024, terjadi satu kasus kecelakaan yang mengakibatkan 1 korban luka berat dan 1 lainya luka ringan. 

Baca Juga :

"Jumlah ini turun 75 persen jika bandingkan pelaksanaan operasi ketupat tahun sebelumnya, sebanyak 4 kejadian dengan korban luka berat 1 orang dan 7 lainya luka ringan," terangnya.

Penurunan jumlah kecelakaan ini, lanjut dia, tidak lepas dari berbagai upaya yang dilakukan oleh aparat kepolisian dan instansi terkait lainnya. Baik dalam mengantisipasi, menyiapkan, melaksanakan, dan mengawasi pelaksanaan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas selama masa liburan Idul Fitri 1445 H.


"Kami sangat bersyukur melihat penurunan yang signifikan dalam jumlah kecelakaan selama pelaksanaan Operasi Ketupat Krakatau 2024. Ini menunjukkan bahwa upaya-upaya preemtif, preventif, penegakan hukum dan kesadaran masyarakat sendiri dalam mematuhi peraturan lalu lintas telah memberikan hasil positif," ungkap AKP Khoirul Bahri.

Selain penurunan angka kecelakaan, AKP Khoirul Bahri juga menyampaikan, jika satgas III Kamseltibcarlantas operasi ketupat telah memberikan teguran simpatik terhadap 245 pengendara, karena melakukan sejumlah pelanggaran lalu lintas. Teguran simpatik ini naik 25 persen dibandingkan pelaksanaan operasi ketupat tahun sebelumnya sebanyak 195 teguran.

"Teguran simpatik yang kami berikan ini juga menjadi salah satu faktor pendukung penurunan angka kecelakaan," kata dia.

Kasat menambahkan, meskipun angka kecelakaan menurun, pihaknya akan terus melakukan patroli pada lokasi rawan kecelakaan dan memberikan edukasi kepada masyarakat agar keselamatan dalam berkendara tetap menjadi prioritas utama. 

Baca Juga :

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada berbagai pihak yang telah mendukung dan mensukseskan pelaksanaan operasi pengamanan arus mudik dan balik idul fitri 1445 H diwilayah kabupaten Pringsewu sehingga berjalan sukses.

"Saya juga ingin menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh warga masyarakat yang telah tertib dan mematuhi arahan petugas dilapangan, terutama saat dilakukan rekayasa lalulintas berupa pengalihan arus sehingga kemacetan parah tidak terjadi," ucapnya.

Dan kami berharap, kesadaran hukum terus meningkat, sehingga angka pelanggaran, kecelakaan, dan fatalitas korban kecelakaan dapat semakin di minimalisir, pungkasnya. (Gus)







     

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment