Wabup Pringsewu Lantik Pj. Kakon Adiluwih

Wabup Pringsewu Lantik Pj. Kakon Adiluwih Pelantikan Pj. Kakon Adiluwih Pringsewu.

BINTANGPOST : Wakil Bupati (Wabup) Pringsewu H. Fauzi melantik Pj. Kepala Pekon Adiluwih Dasipo, di Gedung Serba Guna (GSG) Kecamatan Adiluwih, Kamis (22/3/2018).

Hadir Asisten 1 Bidang Pemerintahan Drs. Zuhairi, Camat Adiluwih Sutaryo BBA, Ketua Apdesi Kabupaten Pringsewu, jajaran Uspika, Kepala Pekon se-Kecamatan Adiluwih, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan tokoh agama.

Dalam sambutannya, Fauzi berharap Pj. Kepala Pekon Adiluwih yang dilantik agar segera menyesuaikan diri dengan tugas dan jabatannya. Serta dapat mengambil alih tugas-tugas yang ditinggalkan kepala pekon sebelumnya.

Wabup menjelaskan, pelanyikan ini berdasarkan PP No.43/2014 sebagai aturan pelaksanaan UU No.6 tahun 2014 tentang desa, dan pasal 57 Ayat (3) disebutkan Bupati/walikota mengangkat penjabat kepala desa dari pegawai negeri sipil dari pemerintah daerah kabupaten/kota.

Namun demikian, lanjutnya, dalam hal ini PNS atau pejabat yang ditunjuk juga harus memenuhi beberapa persyaratan dan kualifikasi. Sebagaimana diamanatkan dalam pasal 58 Ayat (1) PP No.43 tahun 2014, yakni paling sedikit harus memahami bidang kepemimpinan dan teknis pemerintahan.

Fauzi juga mengingatkan bahwa, tugas dan kewenangan Penjabat Kepala Pekon itu sama dengan Kepala Pekon definitif. Sesuai dengan pasal 58 Ayat (2) PP No.43 tahun 2014, bahwa Penjabat (Pj) Kepala Desa/pekon melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajiban serta memperoleh hak yang sama dengan Kepala Desa.

"Yang lebih penting, salah satu tugas utama saudara sebagai seorang Penjabat Kepala Pekon adalah, mempersiapkan, memfasilitasi, sekaligus melaksanakan Pemilihan Kepala Pekon definitif. Dan dalam hal ini, saudara harus berada pada posisi netral dan tidak memihak atau dukung-mendukung kepada siapapun calon yang akan berkompetisi pada ajang pemilihan kepala pekon nanti," ucapnya.

Fauzi menambahkan, dengan jabatan seorang pemimoin atau Pj Kakon, harus mampu menjadi pelayan yang baik bagi seluruh warga. Jadi harus betul-betul bisa menjadi seorang pamong, yang mengayomi dan melayani seluruh warga secara adil.

"Salah satu keberhasilan dari penyelenggaraan pemerintahan pekon, dinilai dari kegiatan pelayanan kepada masyarakat. Oleh karena itu, penjabat Kepala Pekon diharapkan juga selalu berkoordinasi dan menjalin komunikasi yang baik dengan lembaga-lembaga pekon, Badan Hippun Pemekonan, serta seluruh tokoh masyarakat. Karena dari sanalah saudara dapat mengetahui berbagai aspirasi, saran, serta kebutuhan warga yang saudara pimpin," pungkasnya. (Cikhan)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment