Dana Belum Cair, Pembangunan RSUD Way Kanan Mandek

Dana  Belum  Cair,  Pembangunan RSUD  Way Kanan Mandek Lokasi Pembangunan RSUD Way Kanan. tampak tidak ada aktifitas pekerjaan(foto:anggoro/bintangpost.

BIINTANGPOST: Pemerintah Kabupaten Way Kanan Lampung, mendapatkan kucuran dana sebesar Rp 50 Miliar, dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN 2017. Dana tersebut dicairkan dalam dua tahap, di tahun 2018  untuk mendirikan Rumah Sakit Umum Daerah yang baru, namun  setelah hampir satu tahun pembangunanya berjalan kini terhenti, karena dana  tahap II belum cair. 

Seketaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Way Kanan, Saipul mengatakan, pengerjaan pembangunan telah dimulai pada tahun 2017, selama 2 tahun,  namun apabila tidak  memungkinkan diperpanjang hingga  3 tahun,  atau 2019, sedangkan  tahun  ke 2 (2018), baru akan  dimulai  pembangunannya pada  bulan  Maret mendatang. 

"rencana kitakan kalau bisa diselesaikan  2 tahun, kalau nggak bisa tiga tahun,  yang tahun 2018 belum mulai, karena pembahasan alokasi anggaran belum tuntas" terangnya Senin (12/2/2018).

Ditemui usai Rapat di ruang kerjanya,  Saipul juga mengatakan,  Pembangunan rumah sakit yang baru ini bukan tidak ada dasar, meski Way Kanan telah memiliki rumah sakit. Melalui rapat dan pertimbangan, Pemerintah Daerah (Pemda) memutuskan membangun RS yang baru. Dikarenakan, RS yang ada sekarang tidak ideal untuk sebuah rumah sakit.

"Rumah sakit (RSUD ZA Pagaralam) yang  ada  saat  ini  sudah  tidak  ideal lagi,  terlalu  kecil,  dan sarana prasarananyapun sudah tidak memadai lagi" lanjutnya.

Disamping itu,  lanjut Sekda rumah sakit yang telah lama berdiri, lokasi berdirinya memiliki kontur tanah tidak rata, mengakibatkan bangunan lantai naik turun dan terlalu banyak anak tangga. 

"Kalau pembangunan rumah sakit yang baru ini, di Bedeng Alang alang,  tidak jauh dari rumah sakit lama,  tanahnya cukup rata dan cocok untuk pembangunan rumah sakit" ujar Saipul sembari menjelaskan lahannya seluas 5 Hektar, yang kini mulai dikerjakan itu,  terletak persis didepan Studio  Produksi RRI Way Kanan, dan gedung RSUD yang lama direncanakan akan dijadikan Pusat Pendidikan Kesehatan.(aap).

Admin

Reporter bintangsaburai.com region Waykanan.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment