90 Peserta Dari 3 Kabupaten Ikuti SKPP Bawaslu RI di Pringsewu

90 Peserta Dari 3 Kabupaten Ikuti SKPP Bawaslu RI di Pringsewu Foto: Anton/bintangpost.com.

PRINGSEWU-BINTANGPOST : Sembilan puluh orang peserta dari tiga kabupaten di wilayah barat Lampung mengikuti pelatihan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) tingkat dasar yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia di Pringsewu.

Mereka berasal dari Kabupaten Pringsewu (33 orang), Kabupaten Pesisir Barat (25 orang) dan Kabupaten Tanggamus (32 orang).

Kegiatan selama tiga hari yang dibuka oleh Wakil Bupati Pringsewu Dr.Fauzi di Hotel Regency, Gadingrejo, Pringsewu, Selasa (14/9/21) malam, dihadiri Koordinator Divisi Hukum Bawaslu RI Fritz Edward Siregar, SH, LLH, Ph.D, Ketua Bawaslu Provinsi Lampung Fatikhatul Khoiryah, SHI, MH, Sekretaris Bawaslu Provinsi Lampung Widodo, Wuryanto, SIP, M.Si. dan Ketua Bawaslu Kabupaten Pringsewu M.Fathul Arifin.

Wakil Bupati Pringsewu Dr.Fauzi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas diselenggarakannya pelatihan SKPP oleh Bawaslu RI. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu maupun pilkada. Terlebih, rangkaian persiapan Pemilu 2024 juga akan dimulai.

Kegiatan SKPP ini juga selaras dengan Undang-undang No.7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. "SKPP ini merupakan tahapan awal dari pelatihan sebagai Kader Pengawas Partisipatif yang nantinya akan dilanjutkan dengan pelatihan tingkat lanjutan, yang tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan kualitas demokrasi yang ditentukan oleh tingkat partisipasi masyarakat", katanya.

Partisipasi di sini, kata Wabup Pringsewu, tidak sekadar hadir ketika pelaksanaan pemungutan suara, tetapi bagaimana mengawal jalannya pelaksanaan pemilu tersebut agar berlangsung secara jujur dan adil, sehingga menghasilkan pemimpin yang amanah demi kemajuan bangsa dan negara.

Wakil Bupati Pringsewu juga mengingatkan kepada seluruh peserta SKPP untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan selama kegiatan tersebut berlangsung, karena masih dalam suasana pandemi Covid-19. (Anton)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment