Pemprov Lanjutkan PGDS Bangun Desa Di Mesuji

Pemprov Lanjutkan PGDS Bangun Desa Di Mesuji Peresmian Posyandu Desa Tanjung Menang kecamatan Mesuji Timur kabupaten Mesuji oleh Wagub provinsi Lampung Bachtiar Basri.

BINTANGPOST : Keberhasilan yang didapat melalui Program Gerbang Desa Saburai (PGDS) Gerakan Membangun Desa Sang Bumi Ruwa Jurai yang diterapkan di Kabupaten Mesuji. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung akan terus memperjuangkan pembangunan pedesaan di kabupaten tersebut.

Seperti yang dikatakan Wakil Gubernur Lampung H. Bachtiar Basri, pemerintah provinsi Lampung akan terus berupaya dalam memperjuangkan pembangunan dikabupaten Mesuji, agar dapat mengejar kemajuan pembangunan yang sudah dicapai oleh kabupaten lainnya diprovinsi Lampung.

"Saya melihat desa-desa di Mesuji sudah oke. Dan saya yakin ke depannya, pembangunan dikabupaten ini akan lebih baik lagi dan bisa menyamai kabupaten-kabupaten yang lainnya yang sudah lebih dulu maju," ujar Wagub, saat meresmikan Gedung Posyandu PGDS Tahun 2017, di Desa Tanjung Menang kecamatan Mesuji Timur, Rabu (24/1/2018).

Menurut Bachtiar, dalam konsep Gerbang Saburai bukan hanya pembanguann fisik saja, tapi juga membangun administrasi pemerintahan, pertahanan, ketertiban, kesehatan dan perekonomian. Dan semua itu harus diwujudkan dengan kerja nyata. 

"Dan kerja nyata ini terbukti, dengan dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat Mesuji," ucapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Samsul Aimmah perwakilan warga Tanjung Menang yang mengatakan bahwa, pembangunan yang sudah dilaksanakan melalui program gerbang desa tersebut, sangat bermanfaat bagi masyarakat.

"Saya mewakili seluruh warga Desa Tanjung Menang mengucapkan terimakasih kepada bapak Gubernur M. Ridho Ficardo dan bapak Wakil Gubernur Bachtiar Basri yang peduli kepada kami. Karena program ini sangat tepat sasaran, keseluruhan program ini sangat bermanfaat dan  mempermudah masyarakat dalam mendapat pelayanan, baik pelayanan kesehatan dan sarana prasarana lainnya," ungkap Samsul.

Diketahui, Pemerintah Provinsi Lampung mengalokasikan dana untuk program Gerbang Desa Tahun 2017 se Kabupaten Mesuji sebesar Rp5.04 miliar untuk 21 desa. Dan pada tahun 2018 ini, kembali mengucurkan dana sebesar Rp4.7 miliar untuk 32 desa.

Pelaksanaan Program Gerbang Desa Saburai tahun 2017 dikabupaten Mesuji telah rampung 100 persen. Untuk pembangunan sarana dan prasarana desa yang dibutuhkan sesuai dengan Indeks Kemajuan Desa (IDK). 

Pembangunan tersebut meliputi jalan onderlah 8.321 M, tembok penahan tanah 60 Meter, jembatan beton 6 unit, gorong-Gorong plat beton 6 unit dan sumur bor lengkap 25 unit. Selain itu, pembangunan dibidang kesehatan dibangun gedung Posyandu sebanyak 4 unit, serta pembangunan tempat penampungan ikan sebanyak 1 unit. (Mihsan)

Admin

Reporter bintangsaburai.com region Mesuji.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment