PMI Pringsewu Siap Antar-Jemput Pendonor Plasma Konvalesen

PMI Pringsewu Siap Antar-Jemput Pendonor Plasma Konvalesen Foto: Anton/bintangpost.com.

PRINGSEWU-BINTANGPOST :  Wakil Bupati Pringsewu Dr.Fauzi mengajak para penyintas atau orang yang telah sembuh dari Covid-19 untuk dapat mendonorkan plasma konvalesen untuk menolong mereka yang sedang terpapar Covid-19.

Bagi masyarakat Kabupaten Pringsewu yang akan mendonorkan plasma konvalesen, Fauzi yang juga Ketua PMI Kabupaten Pringsewu juga mempersilakan untuk menghubungi PMI Kabupaten Pringsewu, dimana pihaknya akan memberikan fasilitas antar-jemput untuk proses donor ke PMI Provinsi Lampung. "Bahkan, jika perlu mereka yang mendonorkan plasma konvalesen ini akan diberikan dana motivasi Rp 250 ribu per-orang", katanya, Kamis (22/7/21).

Namun demikian, mereka yang dapat menjadi pendonor plasma konvalesen ini harus memenuhi beberapa persyaratan, diantaranya status kesembuhannya paling cepat 2 minggu dan paling lama 6 bulan sejak dinyatakan sembuh dari Covid-19. Kemudian yang utama adalah pria, akan tetapi jika pendonor seorang wanita, dipastikan belum pernah hamil. "Serta dalam kondisi yang betul-betul sehat yang dibuktikan dengan hasil pemeriksaan dokter secara komprehensif. Kemudian perlu diketahui bahwa untuk donor plasma konvalesen ini bisa dilakukan secara berulang dengan jarak waktu dua minggu dari saat melakukan donor yang pertama", jelasnya.

Dengan pemberian plasma konvalesen (plasma darah yang diambil dari penyintas Covid-19 yang di dalamnya terdapat antibodi terhadap virus Covid-19) ini, lanjut Fauzi, pasien penerima plasma bisa mendapat kekebalan secara instan sehingga dapat mempercepat penyembuhan Covid-19.

Bahkan, untuk donor plasma konvalesen ini, Dr.Fauzi sendiri bukan hanya semata-mata mengajak, tetapi dirinya juga memberikan contoh kepada masyarakat, dengan mendonorkan plasma konvalesen-nya langsung di Unit Transfusi Darah (UTD) Pembina PMI Provinsi Lampung beberapa hari lalu.(Anton)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment